Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chip Ponsel Google Pixel 6, Bukan Snapdragon atau MediaTek

Salah satu kabar terbaru yang beredar menyebutkan bahwa, alih-alih Snapdragon calon ponsel anyar itu bakal ditenagai chip bernama "Whitechapel" yang dirancang oleh Google lewat kemitraan dengan Samsung.

Di samping produk-produk gadget, Samsung dikenal sebagai pabrikan aneka komponen, termasuk SoC dengan brand Exynos dan turut menangani pesanan produksi dari vendor lain seperti Apple.

Google sendiri sempat memberikan kisi-kisi soal kehadiran komponen perangkat keras buatannya sendiri pada tahun ini.  "Akan ada sejumlah investasi berkelanjutan di bidang hardware pada tahun 2021," kata CEO Google Sundar Pichai pada 2020.

Selain untuk ponsel Pixel, strategi mengembangkan komponen buatan sendiri kabarnya akan diterapkan juga pada produk Google lainnya seperti Chromebook.

Dengan menggunakan chip buatan sendiri, Google diperkirakan bisa mengintegrasikan perangkat keras dan lunak dengan lebih efektif, sehingga berujung pada lebih banyak inovasi.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Senin (5/4/2021), Google kabarnya menyebut chip buatannya sendiri sebagai "GS101". "GS" adalah singkatan dari "Google Silicon".

Karena dikembangkan bersama divisi Samsung Semiconductor System Large Scale Integration (SLSI). Whitechapel kemungkinan akan memiliki beberapa kesamaan dengan chip Exynos buatan Samsung.

Membuat chip sendiri untuk ponsel sebenarnya bukan hal baru, beberapa vendor ponsel sudah lama melakukan hal ini. Selain Samsung,  ada Apple dengan chip A Series, dan Huawei dengan chip Kirin.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/05/18180077/chip-ponsel-google-pixel-6-bukan-snapdragon-atau-mediatek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke