Salin Artikel

Jelang Ramadan, Facebook Gelar Pelatihan WhatsApp Business untuk UMKM

Dalam rangka menyambut Ramadan 2021, jejaring sosial Facebook menyiapkan kampanye global bertema #BulanKebaikan. Dalam kampanye tersebut ada tiga tema program yang diusung, yakni jelajahi kebaikan, inspirasi kebaikan, dan ekspresi kebaikan.

Salah satu program inspirasi kebaikan yang dicanangkan oleh Facebook adalah "Pasar Juwara". Program ini secara khusus dibuat untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berjualan di pasar tradisional di sejumlah wilayah Indonesia.

Pelaku UMKM menjadi target utama karena mengingat sektor ini yang paling terdampak oleh pandemi.

Dalam program Pasar Juwara, Facebook melalui anak perusahaannya, WhatsApp Indonesia, berinisiatif memberikan pelatihan penggunaan WhatsApp Business bagi pedagang pasar tradisional dalam menjajakan dagangannya.

"Program Pasar Juwara hadir karena di masa pandemi ini banyak pedagang kehilangan konsumen karena oang-orang nggak keluar rumah," kata Esther Samboh selaku Manager Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, dalam sebuah acara daring, Kamis (8/4/2021).

Padahal, masa-masa menjelas Ramadan hingga Lebaran nanti, pasar tradisional biasanya jadi tempat paling ramai.

Esther melanjutkan, karena biasanya masyarakat berburu bahan makanan seperti sayuran, bumbu, daging, dan bahan pokok lainnya untuk menyiapkan hidangan sahur dan buka puasa.

Di pasar juga, masyarakat biasanya membeli baju hingga bingkisan untuk Lebaran. Jadi, kata Esther, tujuan utamanya agar pedagang di pasar tradisional ini bisa tetap mendapatkan konsumen dan mendulang rezeki saat bulan Ramadan di tengah pandemi.

Perwakilan UKM Indonesia yang ikut berkolaborasi dalam program Pasar Juwara WhatsApp Indonesia, Dewi Meisari, mengatakan nantinya akan ada sekitar 1.050 pedagang pasar tradisional yang berkesmpatan mengikuti program ini.

Pedangang peserta pelatihan tersebut berasal dari 20 kota yang tersebar di 15 provinsi di Indonesia.

Dewi menjelaskan, pelatihan WhatsApp Business bagi pedagang tradisional menjadi hal yang cukup signifikan untuk mereka. Sebab, pedagang di pasar tradisional saat ini baru memanfaatkan WhatsApp Messenger ketika berjualan, bukan akun bisnis.

"Selama ini, mereka baru pakai WhatsApp Messenger dan sering di marahi konsumen karena balas pesanannya terlalu lama," ungkap Dewi.

Dewi melanjutkan, dengan pelatihan ini, para pedagang tradisonal diberitahu bahwa ada aplikasi WhatsApp Business yang bisa mempermudah ketika berjualan.

Pelatihan ini mencakup beberapa hal, termasuk mengajarkan cara menggunakan fitur balas otomatis, memasang jam kerja, hingga membuat katalog produk.

"Misalnya, dengan memasang jam kerja, bapak/ibu pedagang bisa memantau WhatsApp Business-nya. Jadi nggak dimarahi pelanggan karena balasnya lama," kata Dewi. "Kalo sedang nggak pegang ponsel, 'kan ada fitur pesan otomatis," lanjutnya.

Sampai hari ini, Dewi mengatakan sudah ada sekitar 300 pedangan yang mengikuti pelatihan. "Program Pasar Juwara ini masih akan berjalan sampai Ramadan nanti," lanjut Dewi.

Nantinya, kata Dewi, para pedagang tradisional yang mengikuti pelatihan ini juga akan berkesempatan mengikuti acara pasar digital yang diselenggarakan di Instagram.

Dapat gambar gratis dari Getty Images

Selain pelatihan, Facebook juga menyediakan program khusus lainnya untuk pelaku UMKM, yakni pustaka gambar gratis.

Pustaka gambar yang merupakan hasil kolaborasi antara Facebook dengan platform penyedia gambar Getty Images ini bukan hanya diperuntukkan bagi pedagang tradisional saja, melainkan seluruh pelaku UMKM di Indonesia.

Country Director untuk Facebook di Indonesia, Pieter Lydian mengungkapkan, membuat konten untuk media sosial kerap kali menyulitkan, terutama ketika gambar yang digunakan memiliki hak cipta (copyright).

Jadi, di Ramadan tahun ini, kata Pieter, Facebook menyediakan pustaka gambar yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM secara gratis di berbagai platform.

Pieter mengatakan, pustaka gambar ini menyediakan beragam pilihan bertemakan Ramadan supaya konten makin menarik. Untuk mendapatkannya, pelaku UMKM cukup mengirimkan e-mail.

"Semua pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan e-mail ke christine.schloegl@gettyimages.com atau mitchell.rhodes@gettyimages.com untuk mendapatkan akses ke pustaka gambar tersebut," ujar Pieter

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/08/12520027/jelang-ramadan-facebook-gelar-pelatihan-whatsapp-business-untuk-umkm

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.