Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nokia Luncurkan 6 Smartphone Sekaligus dengan Penamaan Baru

Keenam ponsel tersebut dibagi menjadi tiga lini baru yakni Nokia C-Series, G-Series, dan X-Series. Peluncuran enam smartphone anyar ini sekaligus menandai perubahan format penamaan ponsel Nokia yang kini menggunakan kombinasi huruf dan angka.

Keenam ponsel tersebut adalah Nokia C10, C20, G10, G20, X10, dan X20. Sebelumnya, Nokia kerap menggunakan penamaan melalui angka seperti Nokia 3.2, 4.2, 5.4, dan lain sebagainya.

Global Head of Proposition Partner and Product Marketing HMD Global Adam Ferguson, mengatakan bahwa ketiga lini ini dihadirkan untuk memudahkan pengguna memilih produk Nokia yang cocok dengan mereka.

"Tujuan kami melucurkan ketiga seri ini adalah untuk memperjelas target pasar di masing-masing kategori dan mengarahkan konsumen untuk memilih ponsel Nokia yang cocok dengan mereka," tutur Adam kepada KompasTekno dalam sebuah acara beberapa waktu lalu.

Lini C-Series sendiri merupakan seri entry-level yang dikhususkan untuk pengguna yang baru beralih dari feature phone ke smartphone.

Kemudian G-Series ditujukan untuk memberikan fitur mumpuni dalam sebuah perangkat kelas menengah.

Adapun X-Series merupakan lini kelas menengah premium yang menyasar mereka yang menginginkan berbagai fitur canggih, terutama di aspek kamera.

Kedua ponsel ini memiliki layar 6,5 inci dengan resolusi HD Plus. Di bagian atasnya, terdapat poni ala tetesan air yang memuat kamera selfie 5 MP. Kedua ponsel ini juga dibekali degnan satu kamera belakang yang beresolusi 5 MP.

Nah, perbedaan mulai terlihat di aspek jeroan. Nokia C10 ditenagai dengan chipset Unisoc SC7331e (Quad Core 1,3 GHz), dengan dua pilihan RAM dan memori internal, yaitu 1 GB/2 GB dan 16 GB/32 GB.

Media penyimpanan tersebut bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 256 GB.

Sedangkan Nokia C20 memiliki "otak" yang sedikit lebih mumpuni, yaitu Unisoc SC9836a (Octa Core 1,6 GHz) dengan konfigurasi memori serupa dengan "saudaranya".

Baterai kedua ponsel tersebut berkapasitas 3.000 mAh dengan pengecasan 5 watt.

Fitur pendukung lainnya mencakup port microUSB 2.0, audio jack 3,5 mm, fitur biometrik Face Unlock, serta sistem operasi (OS) Android 11 Go Edition yang dijanjikan bakal mendapatkan pembaruan OS selama dua tahun ke depan (Android 12 dan 13).

Kedua ponsel tersebut kompak mengusung layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD Plus. Di bagian atasnya ada poni waterdrop yang menampung kamera selfie 8 MP.

Bedanya, Nokia G10 dibekali dengan tiga kamera belakang yang ditampung dalam modul melingkar, terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera macro 2 MP, serta kamera depth sensor 2 MP.

Sementara Nokia G20 sendiri dibekali dengan empat kamera belakang yang disusun dalam modul serupa dengan Nokia G10. Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 5 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Otak kedua ponsel tersebut juga berbeda. Nokia G10 dipersenjatai dengan chipset MediaTek G25 dengan konfigurasi RAM dan storage 3 GB/4 GB dan 32 GB/64 GB.

Sedangkan Nokia G20 ditenagai MediaTek G35 dengan RAM 4 GB dan dua pilihan media penyimpanan yakni 32 GB/64 GB. Memori internal di kedua ponsel ini bisa diperluas dengan microSD hingga 512 GB.

Untuk aspek daya, kedua ponsel tersebut ditopang baterai berkapasitas 5.050 mAh yang mendukung pengisian 10 watt.

Fitur pendukung lainnya di kedua ponsel ini mencakup port USB Type-C, side fingerprint, tombol Google Assistant, NFC (khusus Nokia G20) tingkat ketahanan terhadap tetesan air IPX2, serta OS Android 11 yang bakal mendapatkan jaminan 2 tahun pembaruan.

Kedua ponsel ini kompak mengadopsi layar berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD Plus. Di bagian atasnya terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie 8 MP untuk Nokia X10 dan 32 MP untuk Nokia X20.

Kedua ponsel ini juga memiliki empat kamera belakang yang disusun dalam modul melingkar. Kamera utama Nokia X10 beresolusi 48 MP, sedangkan kamera utama Nokia X20 lebih besar, yakni 64 MP.

Sementara tiga kamera lainnya punya spesifikasi yang serupa yakni ultrawide 5 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Kamera utama kedua ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan Zeiss Optics untuk menciptakan gambar dengan kualitas tajam dan jernih.

Kendati punya kamea yang berbeda, "jeroan" kedua ponsel ini sama-sama mengandalkan Snapdragon 480 5G dengan konfigurasi RAM dan memori internal 4 GB/6 GB dan 64 GB/128 GB untuk Nokia X10 serta 6 GB/8 GB dan 128 GB untuk Nokia X20.

Media penyimpanan di kedua ponsel yang memiliki baterai berkapasitas 4.470 mAh (18 watt) tersebut bisa diperluas dengan microSD hingga 512 GB sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5google, Jumat (9/4/2021).

Fitur pendukung lainnya di kedua ponsel ini mencakup side fingerprint, tombol Google Assistant, NFC, Google AR Support, tingkat ketahanan terhadap air dengan rating IP52 (khusus Nokia X10), dan OS Android 11 yang mendapatkan jaminan 3 tahun upgrade.

Harga dan ketersediaan

Berikut ini adalah daftar harga dari keenam ponsel anyar tersebut:

  • Nokia C10, warna Light Purple dan Grey - 73 euro (sekitar Rp 1,3 juta).
  • Nokia C20, warna Dark Blue dan Sand - 89 euro (sekitar Rp 1,5 juta).
  • Nokia G10 warna Night dan Dusk - 139 euro (sekitar Rp 2,4 juta).
  • Nokia G20 warna Night dan Glacier - 159 euro (sekitar Rp 2,6 juta).
  • Nokia X10 warna Forest dan Snow - 309 euro (sekitar Rp 5,3 juta).
  • Nokia X20 warna Midnight Sun dan Nordic Blue - 349 euro (sekitar Rp 6 juta).

Keenam ponsel ini bakal dipasarkan beberapa waktu ke depan di sejumlah pasar internasional. Belum diketahui kapan mereka akan dipasarkan di Indonesia.

Karel Holub selaku General Manager HMD Global Indonesia mengatakan bahwa pihaknya tengah berusaha untuk menghadirkan ketiga seri teranyar Nokia ini di Tanah Air.

"Kami sedang berusaha untuk menghadirkan ketiganya di Indonesia. Namun perlu melewati berbagai tahapan, seperti TKDN," tutur Karel kepada KompasTekno.

"Tetapi, kami berupaya untuk menghadirkannya secepat mungkin," pungkas Karel tanpa menyebutkan model apa saja yang bakal masuk ke Tanah Air.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/09/08282127/nokia-luncurkan-6-smartphone-sekaligus-dengan-penamaan-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke