Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spotify Kini Bisa Dikendalikan Lewat Suara

Fitur ini mirip dengan asisten digital Google, Siri, atau Alexa. Fitur Hey Spotify dapat ditemukan pada menu pengaturan "Settings" aplikasi.

Untuk mengaktifkan fitur baru ini, pengguna cukup mengucapkan kalimat "Hey Spotify" yang diiringi dengan judul lagu yang ingin diputar.

Sekilas, fitur baru ini terlihat hampir serupa dengan kemampuan yang dimiliki asisten virtual Siri dan Google Assistant. Meski demikian, perintah yang bisa dilakukan fitur ini tidaklah banyak.

Hey Spotify hanya bisa melakukan perintah dasar seperti memutar lagu atau mencari lagu tertentu.

Pada dasarnya, jika fitur ini diaktifkan, maka Spotify akan berada dalam posisi siaga untuk menerima perintah suara. Dengan demikian muncul pula kekhawatiran soal privasi.

Namun, Spotify mengatakan bahwa aplikasi hanya akan menangkap suara atau perintah setelah pengguna mengucapkan kata kunci "Hey Spotify".

Fitur Hey Spotify juga hanya aktif dalam keadaan tertentu, yakni ketika kondisi layar ponsel masih menyala dan aplikasi Spotify masih dalam keadaan terbuka.

Apabila kedua syarat tadi tidak dipenuhi, maka pengguna tidak dapat mengaktifkan fitur pengendali suara ini sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (9/4/2021).

Selain digunakan untuk memutar lagu, fitur "Hey Spotify" tidak dapat digunakan untuk mengerjakan perintah lain, seperti menutup aplikasi atau memutar lirik.

Demi menjaga hak privasi pengguna, pihak Spotify mengatakan bahwa mereka hanya menyimpan rekaman dan data pencarian yang pengguna katakan lewat perintah suara.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, fitur pengendali suara ini masih belum tersedia untuk pengguna Spotify di Indonesia. Kemungkinan besar fitur ini baru akan digulirkan secara berkala untuk ponsel berbasis Android dan iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/09/13440077/spotify-kini-bisa-dikendalikan-lewat-suara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke