Salin Artikel

Telkomsel Prediksi Trafik Medsos Naik Saat Lebaran, Zoom Justru Turun

KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi bakal ada lonjakan trafik di momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 dibanding hari biasa. Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan peningkatan tersebut sebagian besar akan berasal dari layanan data (broadband).

"Lonjakan trafik sebagian besar terjadi di layanan broadband internet. Kami memprediksi akan ada peningkatan mencapai 8,54 persen dibanding kondisi normal sebelumnya," tutur Nugroho dalam konferensi pers virtual persiapan Telkomsel jelang RAFI 2021, Senin (12/4/2021).

Secara spesifik, Telkomsel juga memprediksi bakal ada peningkatan trafik di berbagai layanan internet di momen RAFI 2021 dibanding hari biasa.

Di antaranya, peningkatan penggunaan internet di layanan komunikasi (17,5 persen), games (8,8 persen), situs web (13,8 persen), e-commerce (13, 8 persen), video (10,4 persen), jejaring sosial (11,2 persen), hingga media online (5,5 persen).

"Layanan komunikasi ini peningkatannya paling besar karena banyaknya aplikasi populer di kategori ini, seperti WhatsApp, Telegram, dll," ujar Vice President Network Infrastructure and Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto di kesempatan yang sama.

Terkait aplikasi, Rahmat juga memaparkan sejumlah platform populer yang diperkirakan bakal ramai dipakai pada momen RAFI 2021 nanti.

Beberapa aplikasi tersebut mencakup Telegram (19,6 persen), TikTok (16,6 persen), game Mobile Legends (8,8 persen), WhatsApp (19,6 persen), Instagram (15,2 persen), Facebook (8,1 persen), Twitter (6,8 persen), hingga YouTube (6,7 persen).

Zoom justru diprediksi turun

Meski sebagian besar penggunaan aplikasi tadi meningkat, penggunaan platform video telekonferensi populer Zoom justru diprediksi akan menurun sekitar 9 persen dibanding hari biasa.

Hal ini disebabkan karena pengguna jarang memakai aplikasi tersebut di momen liburan, terutama ketika lebaran nanti.

"Pada saat masa liburan, pelanggan mungkin akan lebih cenderung menggunakan platform media sosial seperti WhatsApp dan Telegram," jelas Rahmat.

Lantas, bagaimana dengan penggunaan layanan suara (voice) atau SMS? Keduanya diprediksi akan turut meningkat pula sebesar 3,14 persen dan 2,95 persen dibanding hari biasa.

"SMS ini masih menjadi dominan, terutama bagi pelanggan kami yang masih banyak menggunakan feature phone," imbuh Rahmat.

Optimasi jaringan di tempat ramai

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik ini, Telkomsel telah mengoptimasi jaringan di 554 titik yang diprediksi akan ramai dikunjungi pelanggan (point of interest/POI).

Titik ini sebagian besar tersebar di wilayah pemukiman, pusat perbelanjaan dan liburan, jalur logistik, area transportasi umum semacam bandara, terminal, dan lain sebagainya.

Telkomsel juga turut mempersiapkan infrastruktur pendukung jaringan, mencakup 236.000 unit base transceiver tower (BTS) 3G dan 4G, serta 63 unit compact mobile BTS (COMBAT) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Telkomsel juga turut menambahkan kapasitas jaringan menjelang RAFI 2021, mencakup peningkatan Internet Capacity menjadi 8,07 Tbps, Internet Gateway Capacity ke 5,5 Tbps, Backhaul & IP-RAN Capacity ke 21,09 Tbps, serta Core Transport Capacity ke 24,18 Tbps.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/12/18570007/telkomsel-prediksi-trafik-medsos-naik-saat-lebaran-zoom-justru-turun

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.