Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan 5G di Indonesia Dirilis?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada tahun lalu sesumbar 5G di Indonesia akan mulai digelar pada 2021 ini. Kominfo pun kemudian membuka lelang frekuensi 2,3 Ghz yang awalnya disebut akan dipergunakan untuk 5G.

Namun, proses lelang tersebut kemudian dibatalkan. Kominfo pun menyebut frekuensi 2,3 Ghz itu bukan utuk menggelar jaringan 5G seperti yang sebelumnya digaungkan.

Belakangan, Kominfo membeberkan 13 wilayah utama yang akan mendapat jaringan 5G, dan sedikit memberi bocoran kapan 5G di Indonesia dirilis. Ketentuan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Strategis Kominfo.

Dalam peraturan itu disebutkan bahwa bersamaan dengan upaya meningkatkan cakupan layanan 4G ke seluruh desa, Kominfo mempersiapkan implementasi jaringan generasi kelima di Tanah Air.

Rencana implementasi 5G tersebut menurut Kominfo, harus didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Setelah infrastruktur tersedia, Kominfo akan fokus menggelar 5G di 13 kota dengan rincian sebagai berikut:

  • Ibu Kota Negara (IKN)
  • 6 Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa
  • 6 Destinasi Wisata Super Prioritas
  • 1 wilayah industri manufaktur

"Kebijakan yang perlu dilakukan Kominfo adalah menyediakan infrastruktur jaringan broadband yang memadai, yang dapat mendukung implementasi teknologi 5G untuk seluruh wilayah Ibu Kota Negara," tulis Kominfo.

Lantas, kapan 5G di Indonesia bakal bisa dinikmati?

Proses implementasi 5G di 13 wilayah utama tersebut di atas ditargetkan Kominfo rampung pada 2024 mendatang. Artinya, jika sesuai jadwal, jaringan 5G baru tersedia di 13 lokasi-lokasi di atas tadi. Belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Kominfo juga menargetkan wilayah Ibu Kota Negara sudah 100 persen tercakup jaringan 4G hingga 100 persen pada tahun yang sama.

"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, layanan 5G akan diperluas sesuai dengan pertumbuhan demand di lokasi lain," tulis Kominfo.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/13/12010067/kapan-5g-di-indonesia-dirilis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke