Salin Artikel

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Earth

Kiblat sendiri merupakan petunjuk arah yang harus dituju apabila ingin menjalankan shalat. Pada hakikatnya, arah kiblat mengacu pada bangunan Kabah yang berlokasi di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi.

Umumnya, sempat ibadah seperti masjid dan musala telah menyediakan arah kiblat. Namun bagaimana jadinya ketika Anda sedang ingin beribadah di suatu tempat yang tidak diketahui arah kiblat-nya?

Saat ini, terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjukkan arah kiblat. Salah satu yang paling menarik di  adalah Google Earth.

Selain dapat menentukan arah kiblat, Google Earth juga dapat digunakan untuk menghitung  jarak antara lokasi pengguna dengan Kabah. Pengguna Google Earth juga dapat melihat langsung tampilan bangunan Tanah Suci melalui foto satelit.

Selengkapnya, berikut merupakan cara menentukan arah kiblat dengan Google Earth, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman support Google, Selasa (13/4/2021).

  • Klik tombol "Show Ruler" yang terletak pada menu bar aplikasi. Kemudian, klik pada lokasi yang sebelumnya telah ditandai menggunakan ikon Placemark.
    • Untuk menentukan arah kiblat, Anda dapat melihat indikator angka yang terdapat pada kolom Ruler yang akan menampilkan Length dan Heading.
    • Kolom Length menunjukkan besaran jarak antara Monas dan Masjidil Haram, sementara Heading adalah arah yang menunjukkan lokasi Masjidil Haram.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/13/14560037/cara-menentukan-arah-kiblat-dengan-google-earth

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.