Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia Stiker Ramadhan yang Bisa Dipakai di Facebook, Instagram, dan WhatsApp

KOMPAS.com - Dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp kompak merilis koleksi stiker edisi khusus Ramadhan di Indonesia.

Deretan stiker ini sudah bisa didapatkan oleh pengguna Facebook Instagram, dan WhatsApp mulai hari ini, Selasa (13/4/2021).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian stiker ini hanya bersifat sementara. Artinya, stiker hanya dapat digunakan selama bulan Ramadhan saja.

Desain stiker dari ketiga platform pun berbeda-beda. Selengkapnya, begini tampilan mereka dan cara memakainy di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Facebook merilis dua stiker bertemakan Ramadhan. Stiker pertama menggambarkan Masjid berikut tulisan "Ramadan Mubarak" lalu stiker kedua berbentuk bulan berserta kalimat "Ramadan Kareem" yang bisa menjadi pelengkap dan pemanis unggahan Facebook Stories.

Cara menggunanakannya pun gampang, pengguna cukup meng-klik opsi Create Story pada gambar profil, lalu pilih "Stickers", kemudian tentukkan stiker edisi Ramadhan apa yang akan dimasukkan ke dalam Story. Setelah itu klik tombol Share di pojok kanan bawah.

Selain Facebook, pengguna Instagram juga ikut kedatangan sejumlah stiker baru bertemakan Ramadhan. Dalam momen spesial kali ini, Instagram meluncurkan tiga stiker dengan desain dan warna yang berbeda.

Stiker pertama berbentuk makanan ringan dan minuman di dalamnya, kedua yaitu simbol bulan dan bintang, lalu yang terakhir ikon masjid yang dibalut dengan latar bulan dan bintang.

Demi memudahkan pengguna untuk melihat Stories akun teman yang menggunakan ketiga stiker tersebut, Instagram pun menampilkan sebuah Stories khusus bernama "Ramadan".

Stories tersebut berada bersebelahan dengan deretan Instagram Stories lainnya. Stories itu, berisi kumpulan konten dari pengguna lain yang memakai stiker "Ramadan" di dalamnya.

Dengan demikian, pengguna hanya dapat melihat Stories dengan stiker "Ramadan" yang berasal dari akun-akun yang diikuti.

Untuk menggunakan stiker "Ramadan" ini caranya sangat mudah. Pertama, buat foto atau video yang akan diunggah pada Stories. Kemudian, klik ikon stiker pada pojok kanan atas. Nantinya pengguna dapat menemukan stiker "Ramadan" di bagian paling atas.

Ini bukan pertama kalinya Instagram menampilkan kumpulan Stories dalam satu tema. Kurasi Stories ini mirip dengan yang dilakukan Instagram ketika merilis sebuah stiker khusus bertema "Stay Home" di Indonesia.

Dengan datangnya bulan suci Ramadhan, WhatsApp pun merilis koleksi stiker edisi khusus Ramadhan di Indonesia.

Di WhatsApp, stiker menjadi salah satu pilihan pengguna untuk mengirim pesan maupun mengekspresikan diri saat bercakap-cakap.

Koleksi stiker ini merupakan hasil kolaborasi antara pihak WhatsApp dengan ilustrator asal Istanbul, Turki, bernama Murat Kalkavan. Istimewanya lagi, kumpulan stiker tersebut tersedia dalam bahasa Indonesia.

Koleksi stikernya pun beragam, mulai dari sapaan selamat berbuka puasa, sahur, waktunya wudu, hingga ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri yang bisa dikirimkan lewat obrolan (chat))

Untuk memperoleh stiker edisi Ramadhan ini, pengguna cukup mendownload pada section "All Stickers". Setelah itu, klik tombol stiker di papan ketik (keyboard) WhatsApp, lalu pilih tanda (+) di pojok paling kanan.

Pilih kumpulan stiker "Ramadan Bersama", lalu tekan tombol download (tanda panah ke bawah) di sebelah kanan. Setelah diunduh, shortcut stiker "Ramadan Bersama" bakal tersedia di menu sticker di kolom percakapan WhatsApp, dan bisa langsung digunakan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/13/19020087/ini-dia-stiker-ramadhan-yang-bisa-dipakai-di-facebook-instagram-dan-whatsapp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke