Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 untuk Android dan iPhone

Selama bulan Ramdhan 2021, umat Muslim pasti berkeinginan untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka sambil tetap melakukan rutinitas sehari-hari. Misalnya, menjalankan shalat lima waktu secara tepat waktu.

Untuk itu, tidak ada salahnya bila umat Muslim memiliki aplikasi yang dapat menyediakan informasi soal jadwal lengkap shalat lima waktu sehingga dapat mendirikan shalat tepat waktu.

Tak hanya itu, aplikasi jadwal shalat ini juga sekaligus akan menyediakan informasi waktu berbuka puasa bagi penggunanya. Hal ini karena waktu berbuka puasa bertepatan dengan waktu masuknya shalat Magrib.

Baik di Android ataupun iOS, ada beberapa aplikasi yang bisa diunduh pengguna untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa selama Ramadhan 2021.

Berbagai aplikasi ini akan bermanfaat ketika pengguna sedang melakukan puasa di kala rutinitas sehari-hari yang padat.

Misalnya, pengguna bisa dengan praktis mengecek jadwal shalat lima waktu setiap harinya, dimanapun dan kapanpun, yakni cukup dengan membuka aplikasi di smartphone saja.

Beberapa dari aplikasi juga memiliki fitur lain seperti bacaan zikir shalat dan surah-surah Al-Quran. Dengan demikian, fitur ini juga bisa menjadi penunjang ibadah bagi umat Muslim.

Berikut beberapa aplikasi jadwal imsakiyah Ramadhan 2021 yang tersedia di perangkat Android dan iOS.

Untuk mengetahui jadwal shalat dan waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 2021, umat Muslim Indonesia bisa menjadikan aplikasi Usholli - Jadwal Sholat Kemenag RI sebagai salah satu pilihan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh "Mr. Habibi" ini telah mendapatkan penilaian 4,8/5 di Play Store dan bisa diunduh melalui tautan berikut.

Dalam deskripsi aplikasinya, aplikasi Usholli ini meyediakan jadwal shalat dengan data yang diambil dari situs resmi Kemenag RI. Aplikasi ini juga disebutkan tidak memuat iklan.

Adapun fitur-fitur yang disajikan dalam aplikasi Usholli meliputi jadwal imsak dan jadwal shalat lima waktu meliputi lebih dari 30 provinsi dan lebih dari 500 kota di seluruh Indonesia.

Terapat macam-macam notifikasi yang bisa diatur pengguna untuk masing-masing waktu shalat, seperti tidak ada, diam, getar, default, takbir, atau azan. Aplikasi Usholli juga memiliki fitur pengingat yang bisa diatur lima hingga 30 menit menjelang waktu shalat.

Lalu ada pula fitur kompas untuk menentukan arah kiblat hingga peta masjid terdekat menggunakan Google Maps. 

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur, mulai dari jadwal shalat fardu setiap harinya, jadwal imsak puasa Ramadhan 2021, hingga alarm azan.

Fitur alarm azan ini bermanfaat untukmengingatkan pengguna bahwa waktu shalat telah tiba, sehingga pengguna bisa segera mendirikan shalat. Atau ketika alarm azan Magrib berkumandang di smartphone, pengguna bisa langsung berbuka puasa.

Ketika menggunakannya, aplikasi ini akan meminta izin pelacakan lokasi pengguna. Hal ini digunakan untuk membantu aplikasi menampilkan jadwal shalat fardu yang tepat sesuai lokasi pengguna.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur kompas untuk melihat arah kiblat yang tepat dari lokasi pengguna, hingga mendukung lima bahasa (Indonesia, Inggris, Malaysia, Perancis, dan German). 

Aplikasi yang dikembangkan oleh "Andi Unpam" ini telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna dan telah dinilai oleh 40.000 pengguna. Di Google Play Store, aplikasi ini mendapatakan rating 4,7/5. Masyarakat Muslim Indonesia bisa mengunduh aplikasi ini melalui tautan berikut.

3. Aplikasi Jadwal Imsakiyah 2021 - 1442 H

Aplikasi selanjutnya yang bisa menjadi pilihan pengguna Android ialah aplikasi Jadwal imsakiyah Ramadhan 2021.

Aplikasi ini juga dibekali dengan beberapa fitur yang cukup lengkap. Mulai dari jadwal imsak dan jadwal shalat fardu lima waktu yang akan dirinci berdasarkan kota-kota besar di Indonesia.

Untuk bisa mengakses jadwal shalat tersebut, pengguna perlu mengaktifkan koneksi internet dan memiliki secara manual kota yang diinginkan.

Tak hanya itu, aplikasi ini menyuguhkan pengguna dengan daftar doa-doa puasa, niat shalat, hingga panduan shalat fardu dan tarawih.

Aplikasi yang dikembangkan oleh "D&D Studio" ini mendapat rating 4,5/5 di toko aplikasi Google Play Store di tautan berikut.

4. Aplikasi Waktu Sholat Muslim

Aplikasi Waktu Sholat Muslim juga bisa digunakan untuk mengetahui jadwal shalat dan berbuka puasa selama bulan Ramadhan.

Aplikasi ini juga dibekali fitur yang kurang lebih serupa dengan dua aplikasi sebelumnya. Mulai dari jadwal shalat dan azan untuk Indonesia, doa sehari-hari, kompas untuk menentukan arah kiblat, mencari lokasi masjid terdekat, menghitung tasbih, dan pengingat azan otomatis.

Ada juga fitur lain yakni hadis, audio dan teks lengkap Al-Quran dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia, uraian rukun islam dan asmaul husna lengkap dengan penjelasannya. Aplikasi Waktu Sholat Muslim bisa diunduh di Play Store di tautan berikut.

Aplikasi Jadwal Shalat dan Buka Puasa Ramadhan 2021 di iOS

1. Athan Pro: Quran, Azan, Kibla?t?

Untuk pengguna iOS, salah satu aplikasi yang dapat menjadi pilihan ialah aplikasi Athan Pro: Quran, Azan, Kibla?t?. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa dengan praktis mengetahui jadwal shalat, waktu imsak, dan waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 2021.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur widget yang memungkinkan pengguna melihat jadwalshalat langsung dari layar ponselnya, tanpa perlu membuka aplikasi secara terus menerus.

Pengguna juga bisa mendegarkan surah-surah Al-Quran yang dilantunkan oleh para qari. Ada pula fitur tasbih, kalender Islam, kompas untuk menentukan arah kiblat, hingga bacaan zikir shalat.

Tak ketinggalan, aplikasi Athan Pro: Quran, Azan, Kibla?t? memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menonton dan mendengarkan saluran TV dan radio Islam, serta menemukan masjid dan restoran halal di sekitar pengguna.

Aplikasi ini telah dinilai oleh sekitar 3.400 pengguna dan mendapatkan rating 4,8/5 di App Store. Umat Muslim yang tertarik bisa mengunduk aplikasi ini melalui tautan berikut.

2. Muslim Pro: Ramadhan 2021

Aplikasi selanjutnya yang bisa diunduh pengguna pengguna iOS ialah aplikasi Muslim Pro: Ramadhan 2021. Aplikasi yang mendapatkan rating 4,9/5 di App Store ini dapat diunduh melalui tautan berikut.

Kurang lebih sama seperti aplikasi yang ada di Android, aplikasi Muslim Pro: Ramadhan 2021 juga dibekali fitur jadwal imsakiyah selama bulan puasa Ramadhan 2021. Termasuk jadwal shalat, imsak, dan waktu berbuka puasa yang ditampilkan berdasarkan lokasi pengguna.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur Al-Quran bertulisan Arab lengkap dengan fonetik, terjemahan, serta resitasi audio.

Selain itu, dilengkapi juga dengan fitur penunjuk arah Kiblat, kalender Hijriyah, serta peta untuk menemukan lokasi rumah makan halal dan masjid.

Untuk bisa melihat jadwal Imsakiyah dan menggunakan fitur lainnya di aplikasi Muslim Pro, pengguna setidaknya harus memiliki perangkat iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menjalankan iOS 10.0 atau yang lebih baru.

Bagi pengguna Mac, aplikasi ini hanya kompatibel bagi perangkat yang menjalankan macOS 11.0 atau yang lebih baru, atau perangkat Mac yang menggunakan chip Appe M1. 

3. Ramadhan Times 2021

Aplikasi lain yang bisa dijadikan pilihan ialah Ramadhan Times 2021. Aplikasi ini juga menyajikan jadwal imsakiyah yang meliputi jadwal shalat, jadwal imsak, dan jadwal berbuka puasa Ramadhan 2021.

Ada pula fitur kompas untuk menunjukkan arah kiblat, kalender Islam, hingga kalkulator zakat. Tak hanya itu, pengguna juga disediakan 114 surat Al-Quran dan 132 doa, yang mana bacaan ditulis dalam bahasa Arab dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Aplikasi ini juga sudah mendukung beberapa bahasa, termasuk Inggris, Arab, Indonesia, Jepang, Korea, hingga Thailand, dan Rusia.

Aplikasi Ramadhan Times 2021 kompatibel untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch yang menjalankan iOS 11.1 atau yang lebih baru. Untuk pengguna Mac diharuskan menjalankan macOS 11.0 atau yang lebih baru, atau perangkat Mac yang menggunakan chip Apple M1.

Aplikasi yang mendapatkan rating 4,6/5 ini dapat diunduh di App Store melalui tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/13/20160047/aplikasi-jadwal-shalat-dan-buka-puasa-ramadhan-2021-untuk-android-dan-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke