Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna WhatsApp Bisa Bikin Katalog Jualan Lewat Web dan Desktop, Begini Caranya

WhatsApp mengatakan, dukungan pengelolaan katalog produk lewat WhatsApp web dan desktop ini akan memberikan keuntungan bagi para pelaku bisnis, khususnya yang memiliki produk atau layanan yang banyak.

Dengan opsi baru ini, kata WhatsApp, para pelaku bisnis bisa mengelola katalog mereka dari layar yang lebih besar.

"Karena banyak bisnis mengelola inventaris mereka dari komputer, opsi baru ini akan mempercepat dan mempermudah penambahan item atau layanan baru sehingga pelanggan mereka tahu apa yang tersedia," kata WhatsApp dalam sebuah pernyataan.

Di katalog produk sendiri, pelaku bisnis bisa menampilkan dan membagikan informasi produk dan layanan mereka kepada pelanggan.

Informasi produk atau layanan yang ditampilkan di katalog WhatsApp Business di antaranya nama, foto, harga, deskripsi produk/layanan, hingga tautan ke situs web.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp Business diketahui hanya bisa membuat dan mengelola katalog toko miliknya melalui aplikasi yang ada di ponsel.

Selain itu opsi mengelola katalog lewat web, WhatsApp juga menyediakan fitur "hide" yang berfungsi untuk menyembunyikan produk dari daftar katalog. Ketika produk sedang habis atau tidak tersedia, pelaku bisnis bisa mengaktifkan fitur "hide" ini.

Ketika produk atau barang tersebut sudah kembali tersedia, pengguna tinggal menonaktifkan fitur "hide" tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Hindustan Times, Rabu (14/4/2021).

Menurut pantauan KompasTekno, opsi baru mengelola katalog sudah bisa digunakan melalui aplikasi WhatsApp desktop versi 2.2110.12 di laptop Windows 10. Sedangkan untuk fitur "hide", opsi ini masih belum tersedia. 

Cara membuat dan mengelola katalog toko lewat WhastApp web atau desktop serupa ketika menggunakan aplikasi WhatsApp Business di ponsel. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Pertama login dengan akun WhatsApp Business di WhatsApp web atau aplikasi WhatsApp desktop
  • Klik ikon titik tiga horizontal di atas jendela
  • Pilih opsi "catalog"
  • Lalu klik "add new item"
  • Masukkan informasi produk/layanan, seperti foto, nama, harga, deskripsi, dan sebagainya.
  • Klik "add to catalog"

Nantinya, WhatsApp Business akan meninjau item yang diunggah pelaku bisnis di katalog. Setelah disetujui, produk tersebut akan muncul di katalog toko milik bisnis.

Saat fitur "hide" telah tersedia, pelaku bisnis juga bisa menyembunyikan item dari katalog. Berikut langkah-langkahnya, sebagaimana dihimpun dari laman FAQ WhatsApp.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/14/14030087/pengguna-whatsapp-bisa-bikin-katalog-jualan-lewat-web-dan-desktop-begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke