Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Rilis Smartphone Galaxy Quantum 2

Galaxy Quantum dirancang khusus dengan tambahan teknologi keamanan berupa kriptografi quantum yang terpasang secara built-in. Galaxy Quantum 2 ditenagai chip yang dikembangkan oleh perusahaan bernama ID Quanique.

Chip tersebut diklaim sebagai generator bilangan acak kuantum (QRNG) terkecil di dunia, dengan ukuran 2,5mm persegi. Chip tersebut menghasilkan kode acak dengan menangkap noise dari LED dan sensor CMOS untuk penggunaan aplikasi dan layanan perbankan.

Menurut SK Telecom, chip QRNG omo memungkinkan pengguna menggunakan layanan yang membutuhkan tingkat keamanan yang tinggi. Hal itu dimungkinkan dengan membuat nomor acak yang sukar diterka dan tidak berpola. Dengan begitu peretasan akan semakin sulit dilakukan.

Kemampuan tersebut sangat menarik bagi kebanyakan pengguna. Namun, chip QRNG tidak secara otomatis bekerja di beberapa aplikasi yang meggunakan API Android Keystore. API tersebut memungkinkan lebih banyak akses untuk para pengembang.

SK Telecom mengklaim, saat ini teknologi chip quantum buatannya kompatibel dengan beberapa layanan, seperti Shinhan Bank dan Standard Chartered Bank Korea. Chip tersebut juga akan meningkatkan keamanan untuk layanan T World milik SK Telecom.

SK Telecom berjanji akan memperluas kompatibilitas keamanan QRNG ke lebih banyak layanan, termasuk layanan kartu kredit Samsung. Dilaporkan GSM Arena, Kamis (15/4/2021), Galaxy Quantum 2 konon adalah Galaxy A82 versi global dengan chip QRNG.

Ponsel ini memiliki layar dengan bentang 6,7 inci dengan resolusi 1.440p. Layar berjenis AMOLED tersebut memiliki refresh rate hingga 120 Hz.

Di sektor kamera akan terpatri tiga lensa di sisi punggung dengan kamera utama beresolusi 64 MP yang dilengkapi dengan OIS. Galaxy Quantum 2 ditenagai chipset Snapdragon 855 Plus yang dipadu dengan chipset RAM 6 GB dan memori iternal 128 GB.

Baterainya berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan pengisi daya cepat 25 watt. Ponsel ini juga telah mengantongi sertifikat IP67 untuk membuat perangkat tahan air dan debu.

Galaxy Quantum 2 mulai bisa dipesan di Korea Selatan 19 April mendatang dengan harga 699.600 won atau sekitar Rp 9 jutaan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/15/09070017/samsung-rilis-smartphone-galaxy-quantum-2-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke