Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dapat Update, PS5 Kini Bisa Transfer Data Game ke Media USB Eksternal

Salah satu yang paling menarik adalah hadirnya kemampuan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data game PS5 ke media USB eksternal.

Fitur ini terbilang praktis karena pengguna dapat memperluas kapasitas penyimpanan pada konsol PS5 dengan memindahkan data game yang mungkin sudah tak lagi dimainkan.

Apabila suatu saat ingin kembali memainkan game tersebut, pengguna bisa menyalin kembali data yang tersimpan pada USB eksternal ke konsol PS5.

Adapun syarat spesifikasi yang harus dimiliki oleh USB Drive adalah 250 GB untuk kapasitas penyimpanan minimal dan maksimal sebesar 8 TB.

Proses transfer data pun terbilang mudah. Pengguna hanya perlu menyambungkan USB eksternal ke port USB yang terletak pada PS5.

Dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Kamis (15/4/2021), pengguna bisa mengakses menu "Game Library" dan pilih game yang ingin dipindahkan datanya.

Tekan tombol "Options" dan pilih opsi "Copy" untuk memindahkan game PS5, atau klik opsi "Move to USB Extended Storage, Move to Console Storage" untuk game dengan format PS4.

Perlu diperhatikan bahwa game yang tersimpan pada USB Drive tidak dapat dimainkan langsung pada perangkat lain. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pada jenis file dan kompatibilitas perangkat.

Selain fitur penyimpanan, Sony juga turut menghadirkan kemampuan Share Screen untuk pengguna PS4 dan PS5. Berkat fitur Share Screen terbaru ini, pengguna PS4 dan PS5 dapat saling membagikan tampilan game yang sedang dimainkan.

Melalui fitur Share Screen, pengguna PS4 bahkan juga bisa ikut memainkan game PS5 menggunakan controller virtual atau sebaliknya.

Baik pengguna konsol PS4 dan PS5 kini juga bisa saling mengirim undangan untuk mengajak pemain lain untuk bergabung bermain game. Dengan demikian, keduanya dapat bermain game secara bersamaan pada mode multi-player.

Sony juga ikut menerapkan pembaruan pada tampilan personalisasi konten PS5 serta update pada aplikasi PlayStation App di Android dan iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/15/11360057/dapat-update-ps5-kini-bisa-transfer-data-game-ke-media-usb-eksternal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke