Salin Artikel

5 Aplikasi Gratis untuk Belajar Bahasa Inggris

Untungnya, sekarang ada banyak fasilitas untuk membantu pengguna gadget yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris. Di toko aplikasi App Store dan Google Play Store, misalnya, ada sederet aplikasi yang siap digunakan untuk belajar bahasa.

Nah, KompasTekno telah merangkum 5 aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris oleh pengguna iOS dan Android lewat toko aplikasi masing-masing. Selengkapnya sebagai berikut.

Duolingo menyediakan berbagai fitur penunjang belajar bahasa Inggris yang cukup lengkap. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat mengasah kemampuan pengucapan (pronunciation), belajar kosa kata baru, hingga melatih skill mendengar (listening) dalam bahasa Inggris.

Untuk menguji sejauh mana kemampuan pengguna dalam berbahasa Inggris, Duolingo turut menyediakan kuis dengan gambar yang interaktif.

Uniknya, Duolingo turut menyediakan fitur alarm untuk menentukan target belajar pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat belajar berbahasa inggris dengan rutin.

Tak hanya menyediakan fitur belajar bahasa Inggris, Duolingo menyediakan 35 bahasa lain yang dapat dipelajari oleh pengguna, mulai dari Spanyol, Perancis, Mandarin, Italia, Jerman, dan masih banyak lagi.

Pengguna dapat mengunduh Duolingo melalui Google Play Store atau App Store secara gratis.

Cake menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris yang disampaikan melalui sebuah video YouTube. Video ini berisi materi yang diucapkan bahasa Inggris dan disertai dengan subtitle bahasa Indonesia.

Aplikasi ini juga mampu membantu mengasah kemampuan berbicara (speaking) dengan fitur AI Speech Recognition. Pengguna dapat melafalkan kalimat dalam bahasa Inggris dan langsung mendapat feedback koreksi dari aplikasi.

Serupa dengan Duolingo, Cake turut menyediakan fitur kuis guna menguji sejauh mana pengguna dapat menyerap materi pembelajaran yang disampaikan.

Cake tersedia secara gratis untuk perangkat mobile berbasis Android di Google Play Store dan iOS di Apple App Store.

Aplikasi yang satu ini terbilang unik karena mengusung konsep pembelajaran lewat sebuah cerita. Melalui Beelinguapp, pengguna dapat belajar membaca cerita dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia secara bersamaan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan fitur audio yang tersedia pada cerita yang dipilih untuk mendengar langsung cara pengucapan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris.

Berkat semua fitur yang dimilikinya, Beelinguapp diklaim cocok untuk pengguna yang ingin meningkatkan kemampuan membaca (reading) dan mendengarkan (listening).

Tak ketinggalan, Beelinguapp turut dilengkapi dengan fitur kuis untuk melatih perkembangan belajar bahasa Inggris pengguna. Pengguna juga dapat mempelajari beragam bahasa asing lain, meliputi bahasa Spanyol, Jerman, Portugis, Perancis, Arab, dan lain-lain.

Beelinguapp tersedia secara gratis dan dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store.

Ketika aplikasi ini terpasang di ponsel pengguna, Grammarly akan menggantikan fungsi keyboard default ponsel. Salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini adalah fitur untuk mengecek ejaan dalam bahasa Inggris.

Jika pengguna salah menuliskan suatu kata dalam bahasa Inggris, Grammarly mampu memperbaiki ejaan pada kata yang dimaksud.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Grammarly adalah kemampuan untuk dapat mendeteksi konteks yang terkandung dalam sebuah kalimat.

Aplikasi ini bisa menyesuaikan usulan ejaan tergantung kontens kalimat yang diketik pengguna, apakah menggunakan bahasa formal atau santai.

Alhasil, pengguna Grammarly dapat terbantu dari segi akademis dan pekerjaan, misalnya ketika sedang menulis sebuah essai atau surat dalam bahasa Inggris.

Pengguna Android dan iOS dapat mengunduh aplikasi Grammarly secara gratis di toko Google Play Store dan Apple App Store.

Berbeda dengan aplikasi pembelajaran bahasa Inggris lainnya, HelloTalk menyediakan fitur obrolan (chatting). Fitur ini memungkinkan pengguna HelloTalk dapat berinteraksi dengan pengguna yang berasal dari negara lain.

Pengguna HelloTalk dapat berkomunikasi layaknya sedang mengobrol lewat sebuah aplikasi layanan pesan singkat. Bedanya, setiap kata yang diketik oleh pengguna dapat dideteksi oleh sistem HelloTalk.

Apabila terjadi kesalahan dalam ejaan suatu kata dalam bahasa Inggris, sistem dapat langsung memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Uniknya, HelloTalk turut hadir dengan fitur konversi suara ke teks ataupun sebaliknya. Kalimat tersebut akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan pengguna.

Percakapan dapat dilakukan secara personal maupun di dalam sebuah grup. HelloTalk pun tidak hanya dapat mendeteksi bahasa Inggris saja, melainkan 150 bahasa asing lainnya. Pengguna pun dapat mengobrol dengan pengguna lain dalam berbagai bahasa.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/15/15140047/5-aplikasi-gratis-untuk-belajar-bahasa-inggris

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.