Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Epic Games Dapat Pendanaan Rp 2,9 Triliun dari Sony

KOMPAS.com - Pembuat game battle royale Fortnite, Epic Games mendapatkan suntikan dana dari sejumlah investor melalui ronde "Venture - Series Unknown" dengan total investasi senilai 1 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 14,6 triliun.

Salah satu investor yang mengkucurkan duit ke Epic dalam putaran pendanaan tersebut adalah Sony. Perusahaan elektronik asal Jepang itu menggelontorkan investasi sebesar 200 juta dolar AS atau setara dengan angka Rp 2,9 triliun.

Dengan investasi tersebut, valuasi Epic Games kini menyentuh angka 28,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp 420 triliun.

CEO dan Founder Epic Games, Tim Sweeney mengatakan investasi triliunan rupiah ini bakal digunakan untuk mengembangkan sejumlah layanan dan game yang berada di bawah payung perusahaan tersebut.

"Investasi ini akan membantu mempercepat pengembangan kami untuk meningkatkan pengalaman bermain di game Fortnite, Rocket League, hingga Fall Guys," tutur Sweeney dalam sebuah pengumuman.

"Di saat bersamaan (investasi ini) juga akan turut memberdayakan para pengembang game yang menggunakan layanan kami, seperti Unreal Engine, Epic Online Service, dan Epic Game Store," imbuh Sweeney.

Dalam kesempatan yang sama, Chairman, President dan CEO Sony Corporation, Kenichiro Yoshida, mengatakan bahwa investasi ini memungkinkan kedua pihak berkolaborasi di ranah digital, dengan misi memberikan layanan hiburan terbaik bagi konsumen.

Punya hubungan dekat

Tidak disebutkan apakah ada produk atau layanan khusus yang bakal dibuat Epic untuk Sony, begitu juga besar kepemilikan saham yang diincar Yoshida. Yang jelas, kedua perusahaan tersebut sejauh ini memang memiliki hubungan dekat.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GadgetsNow, Kamis (15/4/2021), Epic diketahui turut berkontribusi terhadap pengembangan media penyimpanan (storage) untuk konsol game teranyar Sony, PlayStation 5 (PS5).

Bahkan, pada saat memamerkan kemampuan suksesor PS4 tersebut untuk pertama kalinya ke publik, Sony menggunakan game yang sudah dirancang dengan teknologi Epic, yaitu Unreal Engine 5.

Berbicara soal investasi, sekitar Juni tahun lalu, Epic juga sempat mendapatkan suntikan dana dari Sony dengan angka 250 juta dolar AS yang kala itu setara dengan Rp 3,6 triliun, dengan timbal balik kepemilikan Epic sebesar 1,4 persen.

Menurut Sweeney, Sony berani berinvestasi ke Epic lantaran kedua perusahaan ini memiliki visi yang sejalan untuk membangun ekosistem hiburan digital yang bisa dinikmati oleh konsumen secara luas.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/15/16060077/epic-games-dapat-pendanaan-rp-2-9-triliun-dari-sony

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke