Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inikah Alasan Pengguna iPhone Susah Beralih ke Android?

KOMPAS.com - Apabila Anda adalah pengguna iPhone, mungkin ada alasan tersendiri mengapa Anda memilih ponsel tersebut, ketimbang smartphone Android.

Salah satu yang menjadi alasannya mungkin karena ekosistem Apple, di mana sejumlah layanan, aplikasi, serta aneka sistem di iPhone, iPad, dll hanya akan berfungsi dan bisa digunakan antar-perangkat bikinan Apple.

Hal itu tertuang dalam sebuah dokumen pengadilan yang diajukan Epic Games, pengembang game battle royale, Fortnite, dalam kasus sengketanya dengan Apple, terkait pungutan di toko aplikasi App Store.

Menurut Epic, salah satu aplikasi ekosistem Apple, yaitu iMessage dinilai sebagai salah satu layanan perpesanan yang "menjebak" pengguna ekosistem Apple, agar tidak bisa beralih ke ekosistem lain, misalnya Android.

Pendapat tersebut didukung dengan pernyataan seorang mantan pegawai Apple yang mengaku bahwa ia sulit beralih dari Apple karena aplikasi tersebut.

"Alasan utama mengapa sulit untuk meninggalkan ekosistem Apple (iPhone, iPad, Macbook, dll) adalah eksklusivitas iMessage," ujar seorang mantan pegawai Apple pada 2016 lalu dalam dokumen pengadilan, dikutip KompasTekno dari GadgetsNow, Jumat (16/4/2021).

Epic lanjut berpendapat bahwa iMessage membuat mekanisme perpesanan tidak efisien dan mempersulit komunikasi pengguna di luar ekosistem Apple.

"Apabila pengguna iPhone ingin mengirim pesan ke pengguna selain iPhone, misalnya Android, maka iMessage akan mengubah pesan tersebut ke pesan singkat reguler (SMS), artinya pengguna ini tidak bisa menggunakan fitur utama iMessage," jelas Epic.

Epic lantas mengklaim bahwa Apple sebenarnya memang tak berniat meluncurkan iMessage di Android sejak awal.

Padahal, Eddye Cue selaku SVP Internet Software and Service Apple mengakui pada 2013 bahwa perusahaannya bisa saja membuat aplikasi iMessage untuk Android.

Namun, SVP of Software Engineering Craig Federighi dan SVP of Worldwide Marketing Apple berpendapat bahwa kehadiran iMessage di Android bisa membuat pengguna iPhone lebih mudah berpaling ke pesaingnya itu.

Dalam sebuah e-mail yang dikutip oleh dokumen pengadilan Epic, Phil Schiller, selaku orang  yang bertanggung jawab atas Apple Store kala itu, menyebutkan bahwa "memindahkan iMessage ke Android akan lebih merugikan kita (Apple) ketimbang menguntungkan."

Ini berarti keputusan Apple tidak merilis iMessage di Android adalah sebuah strategi bisnis, bukan karena hambatan teknis karena sebenarnya bisa saja dilakukan apabila diinginkan.

Walhasil, pengguna ekosistem Apple pun terkesan "dijebak" dan "dimanjakan" dengan eksklusivitas iMessage di iPhone, iPad, Macbook, dan perangkat lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/16/03230017/inikah-alasan-pengguna-iphone-susah-beralih-ke-android-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke