Salin Artikel

Daftar Aplikasi Pengingat Shalat untuk Android dan iPhone

Sebab, setiap amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan, dipercaya akan dilipatgandakan dibanding bulan lainnya. Tidak perlu khawatir terlewat melakukan ibadah tepat waktu sehari-hari.

Sebab, ada beberapa aplikasi pengingat sholat dan penunjang ibadah lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membuat ibadah puasa Ramadhan semakin khusyuk.

Salah satu aplikasi pengingat sholat yang bisa digunakan untuk menunjang kegiatan ibadah adalah Muslim Go. Fitur di aplikasi ini cukup lengkap. Dengan aplikasi ini, pengguna akan diberi tahu jika waktu sholat tiba.

Notifikasi dan suara adzan akan muncul sesuali lokasi pengguna berada. Selain itu, mereka juga bisa mencari arah kiblat. Muslim Go juga memiliki kumpulan doa-doa, niat shalat sunnah, serta artikel-artikel fiqih dan aqidah.

Aplikasi ini diklaim memiliki fitur Al Quran dengan mushaf yang terverifikasi dan bersumber dari Tanzil.net. Tanzil.net sendiri adalah sebuah proyek untuk menyediakan teks Al Quran yang telah terverifikasi secara internasional.

Tidak hanya teks. Pengguna huga bisa mendengarkan lantunan suara qori'ah Syeih Musyari Rasyid dan terjemahannya. Ayat-ayat tersebut juga bisa dibagikan ke media sosial dan pengguna bisa memberi catatan pribadi pada halaman tersebut.

Dengan Muslim Go, pengguna juga akan dibantu mencari restoran halal di sekitar lokasi pengguna.

Di bulan puasa, Muslim Go juga akan menampilkan jadwal imsakiyah sesuai lokasi pengguna. Muslim Go bisa diunduh di toko aplikasi Play Store di tautan ini maupun App Store (iOS) di tautan berikut.

Secara garis besar, fitur-fitur utama di aplikasi Umma mirip dengan dengan aplikasi Muslim Go, yakni menampilkan jadwal shalat (pengingat sholat), penunjuk kiblat, dan notifikasi adzan.

Namun, selain menjadi aplikasi pengingat sholat, Umma juga memiliki beberapa fitur spesifik untuk mendukung ibadah puasa, seperti jadwal imsak, sahur, dan berbuka puasa.

Pengguna juga bisa menikmati video live streaming siraman rohani dari para ustaz. Bagi pengguna yang ingin belajar Al Quran, aplikasi Umma akan membantu dengan fitur baca Al Quran.

Pengguna juga bisa mempelajari arti ayat-ayat Al Quran, menandai ayat, menyimpan ayar, membaca dan mendengarkan kembali lantunan ayat kesukaan mereka.

Selain itu, aplikasi Umma memiliki fitur tanya-jawab mengenai gaya hidup islam sehari-hari serta kumpulan doa-doa. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store di tautan ini dan App Store (iOS) di tautan berikut.

Aplikasi pengingat sholat yang satu ini kurang lebih sama dengan dua aplikasi di atas. Aplikasi Waktu Sholat Muslim menampilkan jadwal waktu sholat dan adzan, doa sehari-hari, kompas untuk menentukan arah kiblat, mencari lokasi masjid terdekat, tasbih digital, dan pengingat adzan otomatis.

Ada juga fitur lain seperti kumpulan hadis, audio dan teks lengkap Al-quran dan terjemaahannya dalam Bahasa Indonesia, uraian rukun islam dan asmaul husna lengkap dengan penjelasannya.

Pengembang aplikasi ini bukanlah dari Indonesia, namun kalender Ramadhan 2021 akan disesuaikan dengan lokasi pengguna yang tentunya akan meminta izin akses untuk melacak lokasi perangkat.

Aplikasi Waktu Sholat Muslim bisa diunduh di Play Store di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/16/16020097/daftar-aplikasi-pengingat-shalat-untuk-android-dan-iphone

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.