Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aplikasi Azan yang Ringan, Tak Bikin Android Lemot

KOMPAS.com - Ada banyak aplikasi azan di hp (ponsel) Android di Google Play Store yang bisa dipakai sebagai alarm untuk mengingatkan kita agar tetap melaksanakan ibadah shalat tepat waktu.

Sebut saja seperti Umma, Muslim Pro, Athan, Salatuk, dan lain sebagainya. Namun, berbagai aplikasi azan tersebut terbilang cukup memakan memori (RAM) dan media penyimpanan (storage).

Sehingga ponsel Android yang kapasitas RAM atau storage-nya minim mungkin tidak bisa menggunakan aplikasi ini dengan lancar. Bahkan, tak jarang aplikasi azan tersebut tidak berfungsi dengan baik, apabila RAM ponsel penuh.

Nah, KompasTekno merangkum lima aplikasi alarm bernada azan yang bisa dipakai di berbagai smartphone Android.

Uniknya, seluruh aplikasi ini berukuran kurang dari 10 MB. Artinya, ponsel dengan RAM 1 GB atau memori internal yang hampir penuh kemungkinan akan bisa menjalankan berbagai aplikasi tersebut dengan lancar. 

Perlu dicatat, pastikan Anda hanya memasang salah satu aplikasi alarm azan ini di ponsel Android Anda. Sebab, apabila Anda memasang semuanya, maka sistem notifikasi akan bentrok dan ponsel akan bingung alarm azan mana yang akan dibunyikan.

Lantas, apa saja daftar aplikasinya dan bagaimana cara memasang alarm azan melalui beragam aplikasi tersebut ini?

Usholli merupakan aplikasi pengingat shalat besutan Mr. Habibi. Untuk memasang alarm azan, Anda cukup memasang aplikasi ini di smartphone masing-masing.

Anda juga bisa mematikan notifikasi azan, atau memasang pengingat sebelum adzan dengan meng-klik waktu azan mana yang akan diubah pengaturannya.

Aplikasi Usholli hanya berukuran 2,6 MB dan bisa diunduh di tautan berikut. Perlu dicatat, karena ukurannya sangat kecil, Anda tidak bisa mengganti jenis suara azan di aplikasi ini. 

Selanjutnya ada Haqq yang dibuat oleh Specialslice. Aplikasi ini juga bisa dipakai sebagai pengingat shalat dan memiliki fitur yang lebih lengkap dari Usholli tadi.

Cara memasang alarm azan di aplikasi ini terbilang cukup mudah. Sebab, ketika Haqq terpasang, aplikasi ini akan mendeteksi lokasi pengguna dan akan mengeluarkan alarm azan sesuai dengan waktunya secara otomatis.

Aplikasi Haqq berukuran 7 MB dan bisa diunduh di tautan berikut. Sama seperti Usholli, jenis suara azan di aplikasi ini tidak bisa digonta-ganti.

Athanotify merupakan aplikasi pengingat shalat bikinan el cheikh. Pengguna akan otomatis dipasangi dengan alarm azan ketika memasang aplikasi ini.

Uniknya, berbeda dengan kedua aplikasi tadi, suara azan di Athanotify bisa diganti menjadi suara "allahu akbar", "iqomah", "Doa Pagi", "Doa Petang", dan sebagainya.

Namun tetap saja, jenis suara azan hanya ada satu dan tidak bisa diganti. Aplikasi Athanotify berukuran 7,9 MB dan bisa diunduh di tautan berikut.

Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan merupakan aplikasi pengingat shalat lain buatan Andi Unpam. Aplikasi ini akan secara otomatis memasang alarm azan ketika dipasang untuk pertama kalinya.

Namun, sama dengan tiga aplikasi sebelumnya, suara azan di aplikasi ini tidak bisa diubah dan Anda hanya bisa mendengar satu jenis suara azan, terlepas dari suara alarm dan notifikasi konvensional.

Aplikasi Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan berukuran 8,1 MB dan bisa diunduh di tautan berikut.

Pengguna lantas bisa membungkam notifikasi azan dan, menariknya, bisa mengganti jenis suara azan. Artinya, alarm azan yang dihasilkan aplikasi ini tidak monoton dan "enggak gitu-gitu aja".

Aplikasi Mukmin berukuran 9 MB dan bisa diunduh di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/17/03210037/5-aplikasi-azan-yang-ringan-tak-bikin-android-lemot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke