Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas, Ada Jebakan "Tag" di Facebook dengan Umpan Konten Tak Senonoh

Unggahan tersebut biasanya berisi sebuah tautan, termasuk tautan video tak senonoh yang dijadikan umpan. Seperti tangkapan layar yang diunggah pemerhati media sosial dan pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi di akun Twitter dengan handle @ismailfahmi.

"Sering terima notifikasi saat akun tak kita kenal ngetag akun kita di kolom komentar FB porno phising 'Klik Untuk Melihat Video Lengkap'?" tulis Ismail.

Ia mengatakan ada risiko bahwa tautan tersebut memuat phishing. Jika tautan di-klik, baik secara sengaja atau tidak, maka akun pengguna berpotensi dibajak oleh hacker dan dipakai untuk menyebar tagging serupa ke orang-orang lain.

Untuk menghindari risiko pembajakan, ada hal yang bisa dilakukan, yakni dengan mencegah orang lain yang tidak dikenal menandai akun dan menghapus tag di komentar yang menandai akun Anda.

Cara menghindari tag dari orang lain

Menghindari tag dari orang lain yang tidak dikenal cukup mudah. Caranya adalah dengan mengetuk ikon lonceng atau notifikasi di pojok kanan atas.

Kemudian, klik ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih pengaturan notifikasi. Klik menu "tanda", lalu pilih "teman" untuk menghindari orang asing menandai akun Anda di komentar yang berisiko memuat phishing.


Cara menghapus tag di komentar orang tidak dikenal

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghapus tag dari komentar orang tidak dikenal. Cara pertama adalah dengan membuka notifikasi, lalu cari notifikasi komentar yang menandai akun Anda. Kemudian klik ikon tiga titik di notifikasi tersebut.

Nantinya akan muncul beberapa opsi, yakni menghapus notifikasi, hanya menerima notifikasi tentang ditandai dari teman, menon-aktifkan tautan, dan melaporkan masalah ke tim notifikasi Facebook.

Pilih opsi "hanya menerima notifikasi ditandai dari teman" untuk menghapus tag.

Selanjutnya untuk cara kedua, cari komentar yang menandai akun Anda lebih dulu. Lalu, ketuk ikon titik tiga yang ada di pojok kanan komentar untuk membuka opsi lain.

Pilih opsi "cari dukungan atau laporkan postingan", lalu pilih "hapus tanda" untuk menghilangkan tautan ke akun Anda dari komentar tersebut.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan menghapus tautan ke akun Anda. Sementara nama akun tetap muncul di komentar, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Noob Space, Senin (19/4/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/16020067/awas-ada-jebakan-tag-di-facebook-dengan-umpan-konten-tak-senonoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke