Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Lite Resmi Meluncur di Indonesia

Ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 2MB, jauh lebih kecil dibanding Instagram reguler yang berukuran 35MB. Dengan ukuran yang ringan itu, Instagram Lite bisa diunduh oleh perangkat dengan spesifikasi rendah yang biasanya memiliki kapasitas memori yang minim.

Selain itu, Instagram Lite juga memungkinkan konsumsi data yang lebih sedikit ketimbang Instagram reguler.

Meski demikian, selisih ukuran apllikasi antara Instagram reguler dan Instagram Lite bukan tanpa konsekuensi. Dari pantauan KompasTekno, ada beberapa fitur Instagram reguler yang absen di Instagram Lite. Beberapa di antaranya adalah fitur Shop, IGTV, dan Instagram Live.

Pengguna Instagram Lite tidak bisa mengunggah IGTV, namun tetap bisa menonton unggahan IGTV yang lewat di lini masa.

Tampilan beranda dan menu eksplore kedua aplikasi pun tampak berbeda. Di beranda Instagram Lite, ikon notifikasi berada di sisi bawah seperti layout lama beranda Instagram. Hal itu dimungkinkan karena tidak ada ikon Instagram Shop.|

Kemudian di menu explore Instagram Lite, tidak ada tab kategori layaknya Instagram reguler. Instagram Stories juga tampak lebih irit fitur. Pengguna Instagram Lite masih bisa menggunakan aneka filter, stiker, tag lokasi, dan mention.

Namun, story tidak bisa dihiasi dengan GIF, polling pertanyaan, hitung mundur, reaksi, kuis, dan beberapa fitur Instagram Story reguler lainnya.

Selain meluncurkan Instagram Lite, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (19/4/2021),  Instagram Indonesia juga memperkenalkan kampanye #MonthofGood untuk memeriahkan bulan Ramadhan.

Kampanye ini antara lain memperkenalkan stiker-stiker edisi Ramadhan

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/17500037/instagram-lite-resmi-meluncur-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke