Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Game GTA VI

Meski sudah berusia hampir delapan tahun, namun, popularitas GTA V tidak kunjung padam. Game ini bahkan masih eksis di konsol PlayStation 4 (PS4) dan rencananya bakal ikut menyambangi PS5.

Belakangan ini terdapat rumor yang mengatakan bahwa Rockstars Games tengah menggarap game penerus dari GTA V. Kabarnya, game ini bakal mengusung judul bernama GTA VI.

Rumor kedatangan GTA VI sejatinya sudah terdengar sejak lama. Konon, Rockstar Games sudah mulai menggarap game ini sejak tahun 2014 lalu.

Namun, proses pengembangan game sempat ditunda. Hal ini disebabkan karena Rockstar Games memilih untuk fokus mengerjakan Red Dead Redemption 2 yang kemudian resmi dirilis belum lama ini.

Setelah Red Dead Redemption 2 dirilis, Rockstar Games dikabarkan sudah kembali melanjutkan proses pembuatan GTA VI.

Waktu peluncuran

Pada tahun 2019 lalu, seseorang sumber dalam industri yang tidak ingin diungkapkan identitasnya mengunggah sejumlah informasi terkait GTA VI melalui situs Pastebin.

Rumor tersebut menyatakan bahwa GTA VI akan dirilis pada akhir 2020 atau 2021. Turut disebutkan jika game ini akan hadir secara eksklusif untuk PS5 dan Xbox Series X. Namun, pihak Rockstar Games sendiri belum mengonfirmasi kabar ini.

Kabar lain juga datang dari studio game 2K. Studio game yang ikut menerbitkan seri Grand Theft Auto itu belakangan telah memperbarui rencana fiskal tahunan perusahaan.

Pada 2023, 2K diprediksi bakal menghabiskan dana dua kali lipat dari tahun 2021 dan 2022. Dana tersebut disinyalir akan digunakan untuk memasarkan game GTA VI pada 2023.

Terakhir, terdapat sebuah laporan yang menyebut jika GTA VI tengah dikembangkan, meski baru memasuki tahap awal.

Gameplay GTA VI

Beragam spekulasi telat mengalir deras terkait gameplay yang akan diusung pada GTA VI. Konon, game penerus GTA VI ini mengambil latar lokasi di Vice City, sebuah lokasi legendaris yang terinspirasi dari GTA III.

Selain itu, GTA VI juga disebut-sebut akan mengadopsi lintasan balap dari GTA Online, Open Wheels. Beberapa mengatakan jika game ini turut mencakup kota Miami dan sebagian wilayah kota Meksiko.

Detail bocoran lain juga datang dari mantan karyawan Rockstar Games yang menyebut GTA VI akan mengusung latar lokasi di Florida. Kabarnya, game ini bakal memiliki ukuran peta yang jauh lebih luas dari gabungan GTA V dan Red Dead Redemption 2.

Turut dikatakan jika pemain GTA VI nantinya dapat mengendalikan empat karakter protagonis, alih-alih tiga seperti yang terdapat pada GTA V. Menurut pembocor Tom Henderson, akan ada karakter wanita di antara empat karakter protagonis yang akan dimainkan.

"Untuk pertama kalinya dalam judul GTA, GTA VI akan memiliki protagonis wanita dan pria yang dapat dimainkan," ujar Henderson melalui akun Twitter pribadinya.

Alur Cerita

Dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint, Senin (19/4/2021), alur cerita dari GTA VI sendiri masih akan sama seperti game GTA sebelumnya. Pemain akan diberikan misi tertentu sepanjang cerita. Namun, plot cerita game masih bisa berubah-ubah.

Hal ini dikarenakan salah satu pendiri Rockstar Games, Dan Houser, meninggalkan perusahaan pada Februari 2020 lalu. Kemungkinan besar, hal ini turut mempengaruhi naskah dan tema yang akan hadir di GTA 6.

Namun, jika mengacu pada seri GTA pendahulunya, kemungkinan besar jika game ini akan kembali mengambil latar dari tahun 1980-an. Kendati demikian, Henderson turut menyebutkan jika game ini akan mengambil latar tempat yang modern seperti halnya game GTA V.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/18400067/hal-hal-yang-perlu-diketahui-seputar-game-gta-vi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke