Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketik "Ingenuity" di Google Search, Helikopter Penjelajah Mars Akan Terbang di Layar

KOMPAS.com - NASA berhasil menerbangkan helikopter kecilnya yang bernama "Ingenuity" di Planet Mars, Senin (19/4/2021). Ini merupakan penerbangan bertenaga mesin pertama yang dilakukan di planet lain.

Nah, dalam rangka memeriahkan momen tersebut, Google menghadirkan pesan tersembunyi (easter egg) berupa helikopter Ingenuity yang bakal terbang ke sana kemari di laman hasil pencarian Google.

Untuk menerbangkan si helikopter mungil berbobot 1,8 kilogram itu, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "Ingenuity" atau "Helikopter Mars Ingenuity" atau kata kunci lain yang relevan di kolom pencarian situs web Google. 

Lalu, gulirkan layar ke bawah hingga Anda menemui ikon helikopter kecil berwarna oranye dengan baling-baling yang berputar, kemudian klik ikon helikopter tersebut.

Beberapa saat kemudian, helikopter Ingenuity pun bakal "terbang" di laman hasil pencarian Google yang tengah dilihat.

Secara bersamaan, layar pengguna pun akan dihiasi dengan warna yang terkesan agak oranye, lengkap dengan tanah berwarna agak merah di bagian bawah tampilan tersebut. Kesan warna yang ditampilkan boleh jadi memang menggambarkan kondisi udara di Mars.

Meski demikian, helikopter dan warna akan hilang apabila pengguna mengunjungi situs lain yang ada di laman hasil pencarian tersebut. Efek ini juga akan hilang ketika pengguna mengeklik ikon "X" yang berada di bagian atas tengah tampilan tersebut.

Adapun tombol "Share" bisa diklik untuk membagikan hasil pencarian Google dengan kata kunci "Helikopter Mars Ingenuity".

Terlepas dari easter egg ini, penerbangan pesawat nirawak ke planet lain sendiri merupakan hal bersejarah bagi umat manusia dan bisa dibilang sebagai penerbangan yang penting.

Sebab, Mars memiliki tekanan atmosfer yang lebih rendah dibanding Planet Bumi dan sulit bagi helikopter mengudara di kondisi seperti itu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidCentral, Selasa (20/4/2021).

Penerbangan ini juga turut membuktikan bahwa manusia mungkin saja bisa menerbangkan helikopter nirawak lainnya di sana, serta membuka kemungkinan untuk menelusuri planet yang biasa dijuluki "Planet Merah" tersebut lebih jauh.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/20/09364007/ketik-ingenuity-di-google-search-helikopter-penjelajah-mars-akan-terbang-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke