Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Vendor Ini Siapkan Ponsel dengan Kamera di Bawah Layar

Seperti namanya, ini adalah teknologi yang menempatkan kamera depan di bawah layar sehingga tak terlihat oleh mata pengguna. Ponsel pertama dengan kamera bawah layar adalah ZTE Axon 20 5G keluaran 2020, yang belum disusul oleh smartphone lain.

Melalui akun Twitter (@UniverseIce, ia mengungkapkan bahwa ada lima vendor ponsel, yakni Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan ZTE, yang akan memamerkan teknologi kamera di dalam layar buatannya pada paruh kedua 2021.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Selasa (20/4/2021), President of ZTE Mobile, Ni Fei sebelumnya juga sempat mengonfirmasi bahwa pihaknya memang tengah mempersiapkan perangkat berikutnya yang dibekali kamera bawah layar.

Sebelumnya, sejumlah vendor seperti Oppo dan Xiaomi juga sempat mengumbar wujud ponsel yang memiliki kemampuan kamera selfie di bawah layar.

Pada 2019 lalu misalnya, teknologi under-display camera ini dipamerkan oleh Oppo dalam sebuah video pendek.

Pengguna yang mendemonstrasikan ponsel tersebut kemudian membuka aplikasi kamera dan menjepret satu sampel foto.

Ketika kamera depan digunakan dan menjepret foto, tak terlihat adanya kamera selfie yang muncul (metode pop-up), atau yang ditanamkan di dalam lubang layar. Hanya ada suara "shutter" yang terdengar ketika ponsel tersebut digunakan untuk menjepret swafoto.

Setelah Oppo, Xiaomi ikut-ikutan pamer teknologi kamera bawah layar atau under display camera di smartphone misteriusnya. Xiaomi mengunggah cuplikan video singkat yang diunggah ke akun Twitter resmi.

Barulah setelah layar diaktifkan, perbedaan muncul, di mana satu ponsel masih dipatrikan "notch" untuk menopang kamera depan, dan satu ponsel lain bersih tanpa "notch" sekecil apapun.

Sang peraga pun menggunakan ponsel tanpa "notch" tersebut untuk mengambil foto selfie untuk memamerkan teknologi baru itu.

Kendati demikian, benar tidaknya prediksi yang diungkap oleh Ice Universe ini masih harus menunggu waktu. Sebab, masing-masing vendor pun hingga kini belum mengonfirmasi soal ponsel dengan kamera bawah layar yang dimaksud.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/21/16270037/5-vendor-ini-siapkan-ponsel-dengan-kamera-di-bawah-layar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke