Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Produk Baru Apple yang Diluncurkan di Acara Spring Loaded 2021

Melalui acara tersebut, Apple merilis delapan produk dan layanan sekaligus, termasuk iPad Pro 2021 dengan dua pilihan layar, iMac 24 inci warna-warni, AirTag, iPhone 12 versi ungu, hingga serial TV Ted Lasso Season 2.

Penasaran? Berikut KompasTekno rangkumkan delapan produk anyar yang dirilis Apple.

Pada acara tersebut, produk pertama yang diluncurkan oleh Apple adalah iPad Pro 2021. Tablet ini hadir dalam dua pilihan ukuran layar yakni, 11 inci dan 12,9 inci.

Berbeda dari versi sebelumnya, iPad Pro 2021 kini sudah mendukung konektivitas 5G. iPad Pro 2021 juga mengusung chip terbaru dari Apple, yakni M1 yang berbasis ARM dengan GPU delapan inti (8-core) dan CPU 8-core, seperti digunakan di laptop MacBook terbaru.

iPad Pro 2021 juga pertama kalinya menawarkan opsi penyimpanan hingga 2 TB dan RAM 16 GB. Apple juga menyematkan pembaruan lain speerti layar Mini-LED bernama Liquid Retina XDR pada model layar 12,9 inci, hingga teknologi pemindaian objek bernama "LiDAR Scanner".

iPad Pro 2021 juga masih dibekali dengan satu kamera depan dan dua kamera belakang. Spesifikasi iPad Pro dapat dibaca selengkapnya melalui tautan ini.

Untuk banderol harga, iPad Pro 2021 dibanderol mulai dari 799 dollar AS (sekitar Rp 11,6 juta) hingga 1.099 dollar AS (sekitar Rp 15,9 juta). Perangkat ini baru bisa dipesan di situs Apple.com pada tanggal 30 April.

Apple juga meluncurkan lini komputer terbarunya, iMac 24 inci. Komputer desktop ini juga dibekali berbagai peningkatan, mulai dari hardware baru, desain yang lebih tipis, dan lebih banyak pilihan warna.

Seperti iPad Pro dan laptop MacBook, perangkat iMac 2021 terbaru kini diotaki chip Apple M1 yang berbasis ARM.

Ada tiga varian iMac M1 yang bisa dipilih, ketiganya mengusung ukuran layar (24 inci) dan jumlah core CPU yang sama (8 core). Yang membedakan adalah jumlah core GPU serta media penyimpanannya.

Apple kini juga menyediakan berbagai warna iMac yang bisa dipilih, yaitu Blue, Green, Pink, Silver, Yellow, Orange, dan Purple.

iMac 2021ini turut dilengkapi dengan aksesori seperti Magic Mouse, Magic Trackpad, dan Magic Keyboard dengan dukungan Touch ID untuk pertama kalinya. Spesifikasi dan ketersediaan iMac 24 inci anyar ini bisa dibaca selengkapnya di sini.

3. AirTag

Dalam acara Spring Loaded ini, Apple juga akhirnya meluncurkan AirTag. AirTag adalah sebuah perangkat kecil yang bisa disematkan di berbagai benda, seperti kunci, dompet, hingga ponsel.

AirTag berfungsi sebagai penanda dan dapat dilacak apabila benda tersebut hilang. Pengguna bisa melacak AirTag dengan aplikasi "Find My" yang ada di perangkat Apple.

Setiap AirTag dilengkapi dengan chip ultra-wideband Apple U1, audio, serta haptic feedback untuk memandu pengguna ke lokasi barang dengan akurat. Fitur AirTag selengkapnya dapat dibaca melalui tautan berikut.

Apple mengklaim bahwa AirTag telah dibekali dengan baterai yang cukup awet yang dapat bertahan hingga satu tahun lamanya.

Ketika kapasitas baterai AirTag habis, baterai tersebut tidak dapat diisi ulang. Pengguna perlu menggantinya secara manual.

AirTag mulai akan diluncurkan di pasaran pada 30 April mendatang dengan banderol sebesar 29 dollar AS (sekitar Rp 421.000).

4. Apple TV 4K

Setelah empat tahun lamanya, Apple akhirnya turut mengungkapkan versi teranyar dari perangkat set-top-box (STB) besutan perusahaan, Apple TV 4K.

Apple TV 4K generasi keenam ini diotaki chip A12 Bionic yang sama dengan lini iPhone XS, XS Max, dan XR.

Apple TV 4K baru sekarang sudah dapat memutar video HDR dan frame rate yang lebih tinggi. Perangkat ini juga masih didukung format tampilan 4K Dolby Vision HDR dan teknologi audio Dolby Atmos seperti pendahulunya.

Perangkat ini dibanderol mulai harga 179 dollar AS (sekitar Rp 2,5 juta) untuk penyimpanan media 32GB.

5. Remote control baru untuk Apple TV

Selain Apple TV 4K, Apple turut meluncurkan remote control Apple TV baru. Remote ini terbuat dari bahan aluminium.

Kali ini, Apple memindahkan tombol siri ke bagian samping remote. Ada juga tombol lima arah yang dapat bergerak mundur atau maju cepat saat digunakan dalam gerakan menggulir.

Remote baru ini juga dilengkapi dengan kontrol TV, yang berarti pengguna juga dapat menggunakannya untuk menyalakan smart TV.

6. iPhone 12 dan 12 Mini warna Ungu

Pada kesempatan kali ini, Apple turut memperkenalkan varian warna baru untuk iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, yaitu warna ungu.

Sebelumnya, atau tepatnya ketika diluncurkan pada september tahun lalu, jajaran iPhone 12 dan 12 Mini hadir dalam lima varian warna yakni hitam, putih, merah, hijau, dan biru.

Spesifikasi iPhone 12 dan 12 Mini versi ungu ini masih sama dengan varian warna lain yang lebih dahulu dirilis, di antaranya ialah diotaki chip Apple A14 Bionic dan sudah mendukung konektivitas 5G.

iPhone 12 dan 12 Mini versi ungu baru akan diluncurkan pada 30 April mendatang.

7. Langganan pada aplikasi Apple Podcasts

Apple mengumumkan akan menyediakan opsi langganan pada aplikasi Apple Podcasts. Dengan berlangganan, pengguna bisa mendengarkan Podcast tanpa terganggu oleh iklan.

Layanan ini akan diluncurkan di 170 wilayah dan negara bulan depan. Apple juga mendesain ulang aplikasi Apple Podcasts.

8. Serial TV Ted Lasso Season 2

Apple turut meluncurkan trailer baru dari serial TV komedi garapannya, Ted Lasso Season 2. Musim kedua serial ini baru akan tayang pada 23 Juli mendatang di Apple TV Plus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (21/4/2021).

Sebelumnya, musim pertama serial Ted Lasso ini telah ditayangkan pada Agustus 2020 lalu, dengan jumlah 10 episode.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/21/20160057/8-produk-baru-apple-yang-diluncurkan-di-acara-spring-loaded-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke