Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tulisan di Facebook Kini Bisa Dipindahkan ke Google Docs dan Wordpress

Fitur baru ini memungkinkan pengguna mentransfer konten tulisan yang diunggah di Facebook ke Google Docs, WordPress, dan Blogger.

Selama ini, Facebook hanya menyediakan opsi untuk menyimpan unggahan dan catatan ke perangkat pengguna saja. Jika ingin mengunggahkan ke platform lain, pengguna harus menyalin dan menempelkan (copy paste) tulisan tersebut, sehingga memakan waktu.

Dengan adanya fitur baru ini, proses pemindahan catatan dari Facebook ke Google Docs, WordPress, atau Blogger menjadi lebih ringkas dan cepat.

Facebook juga memiliki fitur serupa yang memungkinkan pengguna mentransfer foto dan video di Facebook mereka ke platform lain, yakni Backblaze, Dropbox, Google Photos, dan Koofr.

"Kami merancang alat ini dengan mempertimbangkan privasi, keamanan, dan utilitas," jelas Steve Satterfield, Director of Privacy and Public Policy Facebook dalam blog resmi Facebook.

Satterfield melanjutkan, pengguna akan diminta untuk memasukan kembali password sebelum pemindahan catatan dan status dimulai. Data akan dienkripsi saat ditransmisi ke lintas platform.

Cara memindahkan tulisan Facebook

Untuk memindahkan data, buka menu "Pengaturan (Settings)", lalu pilih "Informasi Facebook Anda (Your Facebook Information)". Kemudian klik "Pindahkan Informasi Anda (Transfer Your Information)", lanjutkan dengan memasukan password Facebook.

Selanjutnya, pilih jenis data yang ingin dipindah dan platform tujuan, apakah Google Docs, WordPress, atau Blogger. Lalu, masukan password platform tujuan dan klik "Konfirmasi Transfer (Confirm Transfer)".

Sebelum proses transfer, akan ada beberapa peringatan yang muncul untuk beberapa jenis unggahan. Misalnya unggahan yang memuat foto dan video akan ditrasnfer bersama konten media, sebagaimana KompasTekno himpun dari Mashable, Kamis (22/4/2021).

Sedikit catatan, konten yang bisa ditransfer hanya tulisan yang terlihat di profil pengguna dan diunggah oleh pengguna itu sendiri. Dengan kata lain, konten yang diunggah di profil orang lain tidak akan bisa dipindah.

Penjelasan selengkapnya mengenai cara transfer unggahan dan catatan Facebook ke Google Docs, WordPress, atau Blogger bisa dilihat di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/22/20180007/tulisan-di-facebook-kini-bisa-dipindahkan-ke-google-docs-dan-wordpress

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke