Salin Artikel

XL Makin Getol Bangun Jaringan di Luar Jawa

Persentase tersebut meningkat dari tahun lalu, di mana perseroan mengalokasikan anggaran sekitar 50 persen untuk luar Jawa dari capex tahun 2020.

"Dari tahun ke tahun komitmen kami untuk membangun luar Jawa semakin besar," kata I Gede Darmayusa, Director/Chief Technology Officer dalam acara paparan RUPS Tahunan 2021 XL Axiata yang digelar secara virtual, Jumat (23/4/2021).

Pembangunan jaringan di luar Pula Jawa bukan hanya fokus pada coverage, namun juga menambah kapasitas melalui fiberisasi jaringan. Gede menambahkan, tanpa fiberisasi jaringan, kapasitas di luar Pulau Jawa yang semakin meningkat akan sulit terpenuhi.

Sementara itu, menurut Director/Chief Finance Officer Xl Axiata Budi Pramantika, pada tahun 2020 kontribusi luar Pulau Jawa terhadap total pendapatan XL Axiata mencapai 25 persen.

"Untuk tahun 2021 kita akan terus melakukan investasi di luar Jawa dengan harapan kontribusinya akan trus tetap naik," kata Budi.

Tahun ini, XL Axiata mengalokasikan capex sebesar Rp 7 triliun, nilai yang hampir sama dengan capex di beberapa tahun sebelumnya. Capex ini akan digunakan untuk mengembangkan jaringan dan meningkatkan layanan 4G, terutama terkait program fiberisasi.

Adapun sumber capex tahun ini lebih banyak berasal dari cash internal perusahaan. Selain itu, modal juga akan datang dari pendanaan eksternal, termasuk beberapa fasilitas pinjaman yang jatuh tempo.

"Tahun ini ada sekitar Rp 1,5 triliun pinjaman akan jatuh tempo, tapi kita berencana melakukan refinancing (utang)," imbuh Budi.

Melansir Kontan.co.id, XL Axiata tahun ini juga berencana menambah jumlah base transceiver station (BTS) dengan jumlah yang relatif sama dengan tahun 2020.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/23/19540097/xl-makin-getol-bangun-jaringan-di-luar-jawa

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.