Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video: Ngobrol Bareng Naning Utoyo, Perempuan Indonesia Jagoan UX

Salah satu yang cukup populer adalah posisi user experience (pengalaman pengguna) atau UX. Meskipun cukup sering terdengar, masih banyak yang belum mengetahui apa itu bidang UX dan apa saja yang dilakukan.

Salah satu yang kerap menjadi pertanyaan apakah user interface (UI) dan UX adalah hal yang sama dan apakah keduanya berkaitan. Naning Utoyo, salah satu praktisi senior bidang UX menjelaskan bahwa UI atau user interface (antarmuka pengguna) adalah bagian dari UX.

"UX itu sendiri bukan cuma UI saja, artinya bagaimana interaksi kamu dengan manusia. Misalnya, interaksi kamu dengan mesin yang enggak mesti ada interface-nya, itu experience juga," jelas Naning yang kini menjabat sebagai Research Lead Shopback di Singapura.

Ia menambahkan bahwa dewasa ini, memang industri yang sedang fokus dalam UX adalah perusahaan teknologi yang memiliki situs web atau aplikasi mobile demi memudahkan penggunanya.

Situs web atau aplikasi mobile tersebut memiliki antarmuka yang berisi menu-menu layanan atau produk. Setelah pengguna menutup situs web atau aplikasi tersebut, keseluruhan interaksi dengan layanan atau produk di luar aplikasi merupakan bagian dari user experience.

Contoh sederhananya adalah ketika pengguna membuka aplikasi atau situs e-commerce. Pada saat membuka aplikasi atau situs web untuk melihat produk atau memilih layanan, pengguna akan berinteraksi dengan user interface.

Di luar UI tadi, masih ada beberapa bagian lain yang secara keseluruhan membentuk user experience,  seperti ketika melakukan transaksi, ekspedisi, hingga menerima barang.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/24/19260007/video--ngobrol-bareng-naning-utoyo-perempuan-indonesia-jagoan-ux

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke