Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Hemat Kuota saat Nonton YouTube

Hal ini tak menjadi masalah apabila menggunakan Wi-Fi atau paket internet yang tidak membatasi pemakaian data. Beda halnya apabila pengguna mengandalkan koneksi seluler di smartphone atau tablet yang kuota datanya terbatas.

Untungnya, kini YouTube punya fitur baru yang bisa membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka.

Fitur baru ini merupakan mode tambahan di mana pengguna bisa mengatur kualitas video yang akan ditampilkan lewat opsi Video Quality Preferences. Lantas bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Untuk mengatur mode hemat data ini, pengguna bisa cukup membuka menu "Pengaturan". Menu tersebut bisa dibuka melalui tombol tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas video yang tengah disaksikan.

Kemudian, pengguna akan menemukan ada tiga opsi pengaturan yang dapat dipilih, yakni Auto, Higher, dan Data Saver.

Misalnya, video YouTube yang sebelumnya secara default ditayangkan dalam kualitas high definition (720p ke atas), secara otomatis akan diturunkan apabila adanya gangguan koneksi internet.

Sedangkan "Higher" merupakan opsi apabila pengguna ingin YouTube menampilkan video beresolusi tinggi. Itu artinya jika memilih opsi "Higher" maka kuota yang dihabiskan akan lebih besar karena video beresolusi tinggi.

Untuk menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi "Data Saver" yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas paling rendah mulai dari 144p dan maksimal 480p. Semakin rendah resolusi yang ditampilkan maka semakin irit penggunaan data.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Selasa (27/4/2021), mode hemat data ini sudah bisa digunakan oleh pengguna YouTube berbasis aplikasi baik di Android maupun iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/27/20110097/begini-cara-hemat-kuota-saat-nonton-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke