Salin Artikel

Panggil Google Assistant di Ponsel Tak Perlu Sebut "OK Google"?

KOMPAS.com - Google tengah mengembangkan sebuah fitur baru untuk aplikasi asisten virtual Google Assistant. Adapun fitur yang dimaksud bernama Guacamole.

Berkat kehadiran Guacamole, pengguna tak lagi harus menyerukan perintah "Ok Google" berkali-kali untuk mengaktifkan atau menjawab Google Assistant, sebelum memberikan perintah.

Pengucapan OK Google berkali-kali dalam setiap menjawab atau memberikan perintah baru, seringkali dianggap aneh atau mengganggu bagi sebagian pengguna. Google ingin mengilangkan ini, sehingga percakapan menjadi lebih luwes.

Guacamole sendiri masih dalam proses pengembangan alias belum rampung. Oleh sebab itu, fitur ini baru dapat melakukan berbagai tugas sederhana, seperti menjawab panggilan atau mematikan alarm.

Karena tak lagi harus mengucapkan kata kunci seperti "Ok Google", pengguna bisa langsung memberikan perintah seperti "Snooze" atau "Stop" untuk mematikan alarm atau timer.

Sementara untuk menerima atau menolak panggilan, pengguna hanya perlu mengucapkan kalimat perintah "Answer/decline the call" ketika terdapat panggilan masuk.

Dihimpun KompasTekno dari Android Police, Rabu (28/4/2021), fitur Guacamole dapat diaktifkan melalui menu pengaturan yang terdapat pada aplikasi Google Assistant.

Nantinya, akan muncul sebuah opsi menu baru bernama Guacamole. Pada opsi tersebut, pengguna dapat menggeser toggle yang ada untuk bisa mengaktifkan fitur Guacamole.

Fitur ini telah muncul pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 versi 12.15.9.29. Meski demikian, belum semua pengguna Android dapat mengakses fitur anyar ini.

Google kabarnya baru akan merilis fitur Guacamole melalui acara tahunan Google I/O yang digelar pada 18 Mei mendatang.

Meski terdengar anyar, namun Guacamole sejatinya merupakan salah satu fitur yang diadopsi dari smart speaker Google Home dan Nest Hub.

Baik Google Home dan Nest Hub dikenal sebagai platform yang telah mendukung Google Assistant. Kedua perangkat ini dapat digunakan untuk mengendalikan perangkat-perangkat smart home hingga memainkan musik.

Uniknya, Google telah merancang kedua perangkat ini dapat dikendalikan melalui perintah-perintah sederhana.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/28/11070077/panggil-google-assistant-di-ponsel-tak-perlu-sebut-ok-google-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.