Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tesla Raup Rp 3,9 Triliun dari Jualan Bitcoin

Kini, perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk itu telah berhasil mendulang untung dari hasil investasi tersebut. Hal ini diungkap dalam laporan pendapatan Tesla untuk kuartal-I 2021,

Dalam laporan tersebut, Tesla mengungkapkan telah berhasil menjual Bitcoin senilai 272 juta dollar AS (sekitar Rp 3,9 triliun) selama tiga bulan pertama tahun ini, dengan Dari penjualan tersebut, Tesla mendapatkan keuntungan 101 juta dollar AS (sekitar Rp 1,46 triliun).

Hasil penjualan Bitcoin ini juga mendongkrak profit perusahaan. Pada kuartal I-2021 ini, laba total yang dibukukan Tesla mencapai 438 juta dollar  AS (kira-kira Rp 6,3 triliun) dari pendapatan sebesar 10,39 miliar dollar AS (setara Rp 150,5 triliun).

Saat ini, Tesla melaporkan, dari kepemilikan awal Bitcoin senilai 1,5 miliar AS, perusahaan masih memiliki Bitcoin senilai 1,33 miliar dollar AS (sekitar Rp 19,2 triliun).

Ke depannya, CFO Tesla, Zachary Kirkhorn mengatakan perusahaan berencana untuk terus mengikutsertakan Bitcoin ke dalam laporan keuangan penjualan kendaraannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Business Insider, Kamis (29/4/2021).

Selain sebagai aset digital, keputusan Tesla membeli Bitcoin juga bertujuan untuk mendorong diversifikasi pembayaran produk buatannya. Mulai Maret lalu, Tesla secara resmi telah memperbolehkan penggannya di wilayah AS untuk membeli mobil Tesla dengan Bitcoin.

Tesla beli Bitcoin, Elon Musk promosi Bitcoin

Mata uang kripto Bitcoin belakangan mengalami kenaikan nilai yang drastis. Salah satu faktor pendorongnya tak lain adalah CEO Tesla, Elon Musk, yang menyuarakan dukungannya terhadap cryptocurrency tersebut.

Sebuah tweet dari Musk pernah melambungkan harga Bitcoin hingga 20 persen. Saat ini, harga Bitcoin berada di angka sekitar 55.400 dollar AS (setara Rp 802 juta) per kepingnya, menurut data dari situs CoinDesk, Rabu pagi.

Ketika Tesla membeli Bitcoin pada Februari lalu, nilainya masih berada di kisaran 30.000 hingga 40.000 dollar AS per keping.

Sebelumnya, pada pertengahan April, nilai tukar Bitcoin bahkan tembus ke rekor nilai tertinggi baru dalam sejarah, yakni di angka 63.388 dollar AS atau setara dengan Rp 924,55 juta per keping.

Selain Bitcoin, Musk juga diketahui turut mendukung mata uang kripto lainnya, Dodgecoin. Beberapa tweet Musk tentang Dodgecoin juga dilaporkan ikut membuat nilai tukar mata uang kripto itu melonjak hingga 35-59 persen.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/29/11020067/tesla-raup-rp-3-9-triliun-dari-jualan-bitcoin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke