Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom dan Netflix Sepakat, Streaming di Indihome dan Telkomsel Bakal Lancar

Kendati demikian, hubungan keduanya seakan kurang harmonis. Salah satu penyebabnya adalah perkara bandwidth Telkom Indihome yang diduga membuat akses Netflix lamban serta resolusi tayangan yang menurun.

Kabar terbaru, masalah ini mulai menemukan jalan keluar dan diwujudkan melalui sebuah kolaborasi.

Telkom Group dan Netflix mengumumkan kemitraan yang memungkinkan konsumen bisa menikmati layanan hasil kerja sama keduanya melalui IndiHome dan Telkomsel.

Kedua pihak juga sepakat untuk mengeksplorasi kerja sama jaringan yang bertujuan menghadirkan pengalaman hiburan digital yang lebih baik.

"Telkom dan Netflix telah melakukan serangkaian diskusi produktif untuk memahami satu sama lain bahwa pengalaman konsumen merupakan prioritas bersama," kata Direktur Wholesale & International Service Telkom, Dian Rachmawan, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (29/4/2021),

Dian menambahkan layanan video streaming mendominasi konsumsi bandwidth hingga 70 persen dari total trafik internet. Sehingga, Telkom Group berjanji akan terus meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik video streaming.

"Kerja sama ini akan meningkatkan kualitas layanan dibandingkan dengan yang kita miliki saat ini dan akan secara positif berdampak pada optimasi bandwidth domestik," imbuh Dian.

Lebih lanjut, Dian menjanjikan bahwa semua pelanggan Telkom di Indonesia akan bisa menikmati layanan berkualitas premium hasil dari kerja sama Telkom dan Netflix.

VP Business Development Netflix, Tony Zameczkowski mengatakan kolaborasi Netflix dan Telkom Group akan memudahkan konsumen untuk berlangganan Netflix dan menikmati video streaming berkualitas tinggi di jaringan Telkom.

"Kami berharap dapat menghibur lebih banyak penikmat hiburan di Indonesia melalui berbagai tayangan berkualitas Netflix, mulai dari serial, dokumenter, stand-up, konten untuk anak-anak, film hingga konten lokal di jaringan Telkom," ujar Tony.

Netflix lambat dan kualitas rendah di jaringan Telkom

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu pengguna Telkom Group, baik IndiHome maupun Telkomsel mengeluhkan akses Netflix yang lamban dan resolusi video rendah.

Keluhan itu sesuai dengan laporan Netflix yang menempatkan Telkom di peringkat paling bawah dalam indeks rata-rata kecepatan penyedia layanan internet (ISP) Netflix di Indonesia.

Direktur Consumer Service Telkom FM Venusiana, mengatakan lambatnya jaringan Telkom untuk mengakses Netflix dikarenakan tidak adanya server content delivery network (CDN) platform untuk menonton film di dalam negeri.

"Jadi, menjawab kenapa akses Netflix di Telkom jelek, yang lain bagus, kami sampaikan bahwa saat ini YouTube, Google, Disney, Facebook itu menaruh server-nya di Indonesia. Ini membuat kualitas semuanya bagus karena tidak membebani bandwidth ke internasional," ujarnya dalam Kompas100 CEO Forum, pada Januari lalu.

Venusiana menambahkan, bandwidth yang diperlukan untuk mengakses fitur video berkualitas tinggi atau HD sangat boros. Netflix pun bersaing dengan platform lain menggunakan server umum.

"Itu kalau di total banyak banget dan semuanya harus ke luar negeri dan benar ini ditanggung oleh Telkom," ujarnya.

Saat itu, Venusiana berharap Netflix bisa menyediakan sambungan langsung ke Telkom sehingga kecepatan akses meningkat.

"Jadi, tidak menggunakan jalur umum karena dipakai Telkom untuk semua hal yang terkait ke luar negeri, Netflix boros saat ini mengambil dari jalur umum," ucapnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/04/29/16050017/telkom-dan-netflix-sepakat-streaming-di-indihome-dan-telkomsel-bakal-lancar

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.