Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPad dan iMac Bakal Jadi Barang Langka

Cook mengatakan hal tersebut saat melanjutkan pernyataan Chief Financial Officer (CFO) Apple Luca Maestri, yang memprediksi bahwa pendapatan Apple akan berkurang sekitar 3-4 miliar dolar AS (sekitar 43,3 - 57,7 triliun) pada kuartal-III 2021.

Penurunan tersebut diakibatkan oleh kelangkaan komponen semikonduktor global yang saat ini tampaknya masih menjadi momok bagi sejumlah perusahaan teknologi. Hal ini juga diperparah dengan permintaan iPad dan iMac yang diklaim cukup tinggi.

"Melanjutkan pernyataan Luca tadi, kelangkaan ini utamanya memengaruhi iPad dan Mac. Kami memprediksi kelangkaan ini (cenderung) berasal dari pasokan komponen, bukan tingginya permintaan (iPad dan Mac)," ujar Cook, sebagaimana dikutip KompasTekno dari MacRumors, Sabtu (1/5/2021).

Cook belum bisa memastikan kapan kelangkaan komponen semikonduktor ini akan mereda. Ia juga tidak menyebutkan komponen apa saja yang bakal sulit didapat oleh mereka.

Ia menambahkan masalah utama yang tengah dihadapi perusahaan adalah soal chip "legacy nodes" yang menggunakan metode manufaktur lawas.

Proses manufaktur dengan node lama tersebut, menurut perusahaan teknologi Insignis,  diklaim lebih menguntungkan dibanding proses manufaktur baru, sehingga wajar saja apabila dilirik berbagai macam industri.

"Yang menjadi masalah bagi kami adalah melisensikan proses manufaktur legacy nodes. Tidak hanya di industri yang sama, pemain di industri lain yang menggunakan proses manufaktur ini juga mengalami hal serupa," kata Cook.

Meski mulai terasa, efek kelangkaan komponen semikonduktor sendiri agaknya tidak terlalu besar bagi Apple lantaran mereka mulai membuat komponen chip-nya sendiri, yaitu Apple M1.

Namun bagi sejumlah industri, seperti otomotif, komputer, hingga game, fenomena ini tentunya menjadi tamparan berarti.

Bahkan, firma konsultan finansial AlixPartners memprediksi kelangkaan komponen semikonduktor tersebut bisa menyebabkan aneka perusahaan di industri mobil merugi 61 miliar dolar AS (sekitar Rp 881 triliun) tahun ini.

Menangguhkan pesanan komponen

Sebelumnya, laporan Nikkei Asia yang mengutip sumber terdekat industri mengatakan kekurangan pasokan chip membuat Apple harus menunda produksi sejumlah laptop MacBook dan iPad miliknya.

Untuk MacBook, sumber tersebut mengungkapkan, kelangkaan chip membuat Apple tidak bisa melakukan proses kunci dari produksi MacBook, yakni memasang komponen pada papan sirkuit tercetak sebelum perakitan akhir.

Sedangkan untuk iPad, kekurangan pasokan chip ini memengaruhi perakitan pada komponen pada bagian display. Chip memang merupakan salah satu komponen penting di berbagai perangkat elektronik, termasuk laptop dan tablet.

Akibat tertundanya produksi MacBook dan iPad ini, sumber tersebut mengatakan bahwa Apple telah menangguhkan sebagian pesanan komponen yang dijadwalkan untuk paruh pertama 2021 dan dimundurkan untuk paruh kedua tahun ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/01/16420037/ipad-dan-imac-bakal-jadi-barang-langka

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.