Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Konfabulasi" Diproduksi Smartphone Samsung, Dibintangi Dian Sastro dan Reza Rahadian

Film pendek berdurasi 17 menit ini merupakan hasil kerja sama Samsung dengan sutradara kawakan Angga Dwimas Sasongko dan pemenang kompetisi Galaxy Movie Studio 2021, Kenza Luthfiani.

Deretan pemeran film ini pun tak main-main, mulai dari Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Putri Ayudya, Ozkan, hingga Sheila Dara.

Salah satu yang menarik dari film pendek ini ialah yang pengambilan gambarnya sepenuhnya mengandalkan Galaxy S21 Ultra 5G. Konfabulasi benar-benar hanya direkam menggunakan smartphone Samsung tercanggih tersebut, tanpa bantuan kamera profesional.

Sutradara Angga Dwimas Sasongko mengaku senang terlibat dalam kerja sama pembuatan film pendek bergenre action ini, khususnya karena proses produksinya hanya menggunakan smartphone.

"Film ini direkam menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G. Berasa epic banget saat diajak garap film ini. Karena bakal bikin menghasilkan sesuatu yang berbeda, yaitu film action yang dibuat dengan smartphone," ungkap Angga, dalam acara peluncuran yang digelar secara daring, Selasa (4/5/2021).

Setelah menggarap film pendek menggunakan smartphone Samsung, menurut Angga, Galaxy S21 Ultra 5G ini bisa digunakan untuk menggarap sebuah film profesional.

Hal ini karena, ada sejumlah fitur yang mendukung penggunanya. Salah satunya ialah soal kemampuan sensor kamera Galaxy S21 Ultra untuk menangkap gambar di kondisi minim cahaya.

"Padahal sebelumnya saya nggak ngebayangin (adegan low-light ini) bisa diambil dengan smartphone," ungkap Angga.

Selain soal kemampuan menangkap gambar di kondisi cahaya minim, Angga menambahkan, ada beberapa fitur yang turut membantu dirinya ketika proses shooting film Konfabulasi. Termasuk pengambilan gambar 4K, Super Steady Video, hingga fitur Director's View.

Angga menjelaskan, opsi Director's View pada kamera Galaxy Samsung S21 Ultra ini memungkinkan dirinya melihat beberapa angle sekaligus.

"Satu lagi, shooting hampir seharian, saya nggak perlu mengisi dayanya atau sampai ganti perangkat. Dengan Galaxy S21 Ultra ini bisa dipake seharian," lanjut Angga.

Dengan demikian, kata Angga, ia bisa hanya memanfaatkan hanya satu ponsel Galaxy S21 Ultra dalam proses shooting film "Konfabulasi" ini.

Ajak sineas muda berkarya 

Dari pengalamannya menggarap sebuah film menggunakan smartphone, Angga yakin bahwa setiap orang bisa membuat film mereka sendiri.

Untuk itu, Angga mengajak para sineas muda untuk bisa memulai memproduksi film mereka sendiri secara serius dan profesional, mulai dari mengandalkan smartphone terlebih dahulu.

Senada dengan Angga, Marketing Director Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Miranda Warokka mengungkapkan, salah satu tujuan dibuatnya film pendek Konfabulasi ini ialah untuk memberikan semangat dan inspirasi bagi para generasi muda.

"Kami harapkan film ini dapat menginspirasi para sineas muda untuk berani mulai berkarya dari sekarang, dengan memaksimalkan device Galaxy yang kalian punya," ungkap Miranda.

Miranda menambahkan, dengan diluncurkannya film Konfabulasi ini, merupakan sebuah pembuktian bahwa inovasi yang dihadirkan Samsung melalui Galaxy S21 Ultra 5G ini juga bisa menghasilkan karya film yang profesional.

Film "Konfabulasi" Tayang Perdana Besok

Film pendek yang mengusung genre action heist ini mengisahkan cerita hidup sosok pria bernama Bilal (Reza Rahadian) yang tengah melakukan proses konfabulasi.

Konfabulasi merupakan proses terapi penanaman ingatan palsu, dengan maksud untuk mengisi kekosongan ingatan dari si penderita.

Film Konfabulasi baru bisa disaksikan dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia mulai besok, Rabu (5/5/2021) di channel YouTube Samsung Indonesia.

Sebelum menyaksikan film "Konfabulasi" esok hari, tak ada salahnya menonton trailer dari film action ini terlebih dahulu, melalui tautan berikut ini.

Update: Konfabulasi sudah dapat ditonton di YouTube Samsung Indonesia atau langsung melalui link ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/04/17085317/konfabulasi-diproduksi-smartphone-samsung-dibintangi-dian-sastro-dan-reza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke