Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Stories Bisa Tampilkan Caption Otomatis

Caption sticker memungkinkan pengguna bisa menonton video Instagram Stories tanpa harus mengeraskan volume audio. Sebab, nantinya akan muncul teks semacam subtitle yang sesuai dengan apa yang diucapkan obyek dalam video.

Teks tersebut akan muncul secara otomatis jika pengguna menyematkan caption sticker ini. Fitur ini juga akan membantu pengguna Instagram yang memiliki masalah pendengaran untuk melihat konten video.

Melalui akun Twitter resminya, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan fitur caption sticker juga akan hadir untuk Reels. Namun, belum diketahui kapan tanggal pastinya.

"Sekarang kalian bisa menambahkan caption sticker ke Stories yang akan mengubah apa yang kalian ucapkan ke dalam teks," tulis Mosseri.

Pengguna akan menemukan stiker "caption" yang akan mengubah suara menjadi teks. Yang menarik, teks tersebut juga bisa diedit sesuai kehendak, diatur posisinya, atau diubah warnanya agar lebih estetik.

Sayangnya, sejauh ini fitur caption sticker baru mendukung bahasa Inggris dan baru tersedia di negara berbasis bahasa Inggris saja. Itu artinya, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Namun, Mosseri mengatakan Instagram akan mengusahakan ketersediaan fitur caption sticker lebih banyak negara.

"Kami juga berharap untuk memperluas (fitur caption sticker) ke beberapa negara," tulis Mosseri.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (5/5/2021), keberadaan fitur caption sticker ini sudah terendus sejak tahun lalu bersama sejumlah fitur lain, seperti Collab sticker, Link sticker, Reshare sticker, dan lainnya.

Bukan hanya Instagram, induk perusahaannya, Facebook juga diketahui sedang mengembangkan fitur caption sticker. Instagram mulai menguji coba fitur ini pada musim semi lalu untuk sejumlah pengguna.

Sebelumnya, Instagram sesumbar telah lebih dulu meluncurkan fitur caption sticker di Threads dan IGTV sebelum menambahkannya ke Stories dan Reels.

Entah sengaja atau kebetulan semata, pengumuman caption sticker ini tidak terpaut jauh dari pengumuman fitur serupa oleh TikTok. Bulan lalu, TikTok mengumumkan fitur bernama auto caption.

Namun, fitur auto caption sedikit berbeda dengan caption sticker. Auto caption akan menerjemahkan secara otomatis pembicaraan dari video TikTok, yang untuk sementara waktu baru tersedia dalam bahasa Inggris versi Amerika dan bahasa Jepang.

Berbeda dengan caption sticker, teks di auto caption TikTok tidak bisa diedit.

Fitur ini belum terlalu banyak digunakan dan masih banyak kreator TikTok yang lebih memilih membuat caption sendiri atau dibuat oleh aplikasi pihak ketiga.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/05/08362777/instagram-stories-bisa-tampilkan-caption-otomatis

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.