Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Bukan Ponsel Pertama Tanpa Colokan Earphone

Sebagai gantinya, penggunaan earphone (EarPods) kini tertancap langsung ke konektor Lightning, yang juga digunakan untuk mengisi baterai dan mentransfer data.

Gebrakan yang dipopulerkan oleh Apple ini kemudian mulai diikuti oleh vendor lainnya, khususnya pada ponsel-ponsel flagship besutan mereka.

Meski telah dipopulerkan oleh Apple, namun perusahaan asal Cupertino, AS, ini bukanlah vendor ponsel pertama yang mencetuskan konsep menghilangkan colokan earphone 3,55 mm.

Adapun vendor ponsel yang dimaksud adalah Oppo. Secara kronologis, perusahaan ponsel China itu menjadi yang pertama meninggalkanjack audio 3,5 mm, tepatnya di ponsel Oppo Finder.

Dengan menghilangkan jack audio 3,5 mm, Oppo mulanya berniat untuk memamerkan salah satu kelebihan dari Oppo Finder, yakni desain bodinya yang tipis.

Mengusung ketebalan bodi yang mencapai 6,65 mm, Oppo Finder dikenal sebagai salah satu smartphone tertipis pada tahun 2012. Sejarah kembali terulang dua tahun kemudian.

Tren ini kemudian kembali diadopsi Oppo pada salah satu smartphone lainnya, yakni Oppo R5 yang diluncurkan pada tahun 2014 lalu.

Oppo R5 meluncur dengan bodi yang lebih tipis dengan ketebalan mencapai 4,85 mm, hampir tidak lebih tebal dari port micro-USB yang terdapat pada ponsel itu sendiri.

Karena tidak lagi dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm, Oppo memberikan alternatif penggunaan earphone dengan menyediakan satu buah adaptor tambahan.

Dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (6/5/2021), adaptor ini nantinya berfungsi untuk menyambungkan earphone dengan konektor Lighting pada ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/06/03140087/iphone-bukan-ponsel-pertama-tanpa-colokan-earphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke