Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Flash Sale Shopee, Pengguna Keluhkan Transaksi Batal dan Akun Diblokir

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna e-commerce Shopee di Indonesia mengeluhkan program Flash Sale yang dibuat e-commerce itu pada Rabu (5/5/2021) kemarin.

Keluhan tersebut berupa pembatalan transaksi sepihak dari Shopee, dan akun yang diblokir atau digembok. Keluhan itu mereka sampaikan melalui jejaring sosial Twitter, yang disampaikan hingga hari ini, Kamis (6/5/2021).

Seorang pengguna Shopee dengan akun Twitter @edo__________ mengaku bahwa barang berupa jam tangan yang sudah ia beli tiba-tiba dibatalkan oleh Shopee tanpa alasan yang jelas dan akunnya pun dibatasi.

Padahal, keduanya mengaku tidak menggunakan cloning app alias bot, saat mengikuti sesi Flash Sale yang diselenggarakan Shopee kemarin.

Berdasarkan pantauan KompasTekno, sejumlah pengguna pun ikut memberikan respons di kolom komentar. Bahkan, tak sedikit dari mereka juga mengirim kicauan dengan menyebut akun Twitter resmi @ShopeeCare dan @ShopeeID.

Flash Sale adalah layanan tambahan di Shopee, dimana pembeli yang terdaftar di Shopee dapat membeli barang dengan harga tertentu (biasanya lebih murah), dari penjual yang berpartisipasi dalam program ini.

Flash Sale Shopee kerap diadakan pada tanggal-tanggal tertentu, biasanya mengikuti tanggal cantik, seperti 1/1, 2/2, termasuk pada 5 Mei (5/5) lalu.

Update: Dalam sebuah pernyataan, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan bahwa pengguna yang diblokir setelah mengikuti flash sale terlibat dalam beberapa kasus yang melanggar syarat & ketentuan Shopee, sehingga akunnya dibatasi dan dibekukan untuk sementara waktu.

"Shopee memiliki sistem, tim, dan proses untuk memantau dan menindaklanjuti indikasi atau aktivitas penggunaan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang terjadi di dalam platform kami. Kami akan menindak tegas akun pengguna yang melanggar ketentuan yang berlaku," ujar Radityo.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/06/14442427/flash-sale-shopee-pengguna-keluhkan-transaksi-batal-dan-akun-diblokir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke