Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mudah Menggunakan Twitter Spaces, Menjadi Host dan Gabung Forum

Bedanya, pengguna Twitter bisa bergabung dengan Twitter Spaces tanpa harus memiliki tautan undangan seperti Clubhouse. Tidak seperti Clubhouse yang samapi saat ini masih eksklusif di iOS, Twitter Spaces juga bisa digunakan di platform Android dan iOS.

Seperti Clubhouse, Twitter Spaces juga diisi oleh host atau penyelenggara acara, speaker atau pembicara, dan juga peserta.

Cara menjadi host Twitter Spaces

Tidak semua orang bisa menjadi host. Twitter mensyaratkan batasan minimal 600 followers (pengikut) agar pengguna bisa menjadi host.

Alasanya, menurut Twitter pengguna dengan jumlah followers sebesar itu bisa memberikan pengalaman diskusi virtual yang lebih baik.

Host, sebagai penyelenggara forum Twitter Spaces memiliki kontrol lebih banyak. Ia bisa mematikan mikrofon (mute) semua speaker, menghapus akses mikrofon mereka, dan menghapus speaker dari forum secara bersamaan.

Host di sini berlaku seperti seorang moderator dalam acara. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat forum di Twitter Spaces sebagai host.

  • Buka aplikasi Twitter di Andorid atau iOS.
  • Pastikan Anda sudah memiliki minimal 600 followers
  • Klik dan tahan ikon tulis twit yang ada di sisi bawah layar. Ikon tersebut digambarkan dengan pena bulu.
  • Kemudian klik ikon Twitter Spaces bewarna ungu. Ikon digambarkan dengan beberapa bulatan yang tampak membentuk berlian.
  • Lalu, tulis nama Space.
  • Ketuk "Start your Space"
  • Undang pengguna lain untuk bergabung menjadi pendengar dengan membagikan tautan.
  • Pilih beberapa pendengar untuk dijadikan speaker, dengan cara mengetuk foto profil mereka lalu menambahkannya sebagai speaker.
  • Host dan speaker bisa menambahkan caption dengan mengikuti petunjuk di aplikasi yang muncul saat pertama kali membuat Space.

Cara bergabung ke forum Space

Undangan untuk bergabung di Twitter Spaces bisa disebar oleh host melalui twit atau Direct Message (DM). Pendengar bisa bergabung dengan mengklik tautan undangan tersebut.

Selain melalui tautan undangan, pendengar bisa menemukan forum Twitter Spaces di Fleets.
Biasanya, Twitter Spaces disimbolkan dengan warna ungu dengan dua foto profil yang berdampingan.

Pengguna dapat menemukan sebuah forum Spaces di Fleets jika memfollow salah satu penyelenggara atau pembicara.

Setelah bergabung, pendengar bisa menyalakan caption dengan menggeser tombol "View Captions". Bisa juga meminta kesempatan menjadi speaker dengan mengetuk ikon "Request" yang ada di bawah mikrofon.

Di forum Twitter Spaces, speaker bisa menyampaikan materi, mengaktifkan caption, menyematkan twit, dan mengunggah twit tentang forum Space yang sedang dihadirinya.

Selama obrolan berlangsung, pendengar bisa menyimak materi dari speaker, membaca caption, melihat twit yang disematkan, dan memberikan reaksi berupa emoji.

Mereka juga bisa meminta kesempatan menyampaikan pendapat atau menjadi speaker. Satu forum Space bisa memiliki hingga 11 pembicara, termasuk host. Namun untuk pendengar, jumlahnya tidak dibatasi.

Semua peserta Twitter Spaces, termasuk pendengar bisa melaporkan pengguna maupun forum Space itu sendiri apabila dinilai melanggar pedoman kebijakan Twitter.

Apabila dalam suatu forum Space ada seseorang yang telah diblokir sebelumnya berbicara, Twitter akan memberikan peringatan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/06/19040087/cara-mudah-menggunakan-twitter-spaces-menjadi-host-dan-gabung-forum

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.