Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perusahaan Raksasa Teknologi Raup Untung Besar di Masa Pandemi

KOMPAS.com - Tahun 2020 hingga 2021 bukanlah tahun yang mudah bagi sebagian pelaku industri. Banyak perusahaan terpaksa memangkas karyawan demi bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk perusahaan-perusahaan raksasa teknologi Alphabet (perusahaan induk Google), Amazon, Apple, Facebook, dan Microsoft.

Menurut laporan Financial Times, pendapatan gabungan dari kelima perusahaan yang sering disebut sebagai "The Big Five" atau "The Big Tech"  ini meningkat 41 persen hingga 322 miliar Dollar AS (sekitar Rp 4.640 triliun) pada kuartal pertama 2021.

Beberapa investor dan analis teknologi menyebut bahwa angka pertumbuhan ini merupakan pencapaian paling tinggi yang diperoleh perusahaan teknologi terkemuka selama bertahun-tahun, bahkan ketika mereka telah menjadi perusahaan terbesar di dunia.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dan terbesar yang pernah ada," kata Jim Tierney, manajer keuangan di perusahaan manajemen aset asal AS, AllianceBernstein.

Pencapaian ini juga menggambarkan bahwa ketergantungan manusia pada teknologi informasi dan komunikasi seolah sudah tidak bisa dipisahkan lagi, sehingga mau tidak mau aktivitas manusia pun kini dilakukan melalui teknologi digital.

Selain meningkatnya angka pendapatan, laba bersih setelah pajak dari kelima perusahaan teknologi tersebut juga ikut melonjak hingga 105 persen dari tahun sebelumnya menjadi 75 miliar Dollar AS (sekitar Rp 1.081 triliun).

Adopsi teknologi digital pun disebut memiliki korelasi yang kuat terhadap pertumbuhan bisnis platform digital. Terlebih, sejak pandemi melanda, sejumlah aktivitas seperti bekerja, sekolah, hingga jual-beli, beralih ke ranah online.

Dihimpun KompasTekno dari Financial Times, Jumat (7/5/2021), Gene Munster, investor dari Loup Ventures, mengatakan bahwa meroketnya bisnis raksasa-raksasa teknologi di masa pandemi mencerminkan besarnya pengaruh mereka di kehidupan sehari-hari masyarakat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/07/07290087/perusahaan-raksasa-teknologi-raup-untung-besar-di-masa-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke