Salin Artikel

Peritel Australia Tarik Apple AirTag dari Penjualan demi Keselamatan Anak

Tidak dijelaskan secara gamblang apa alasan di balik keputusan tersebut. Namun, dugaan yang beredar mengatakan bahwa alasan ditariknya produk AirTag ini berkaitan dengan isu keselamatan anak.

Ada beberapa hal yang memang dikritisi menyangkut keamanan produk Apple AirTag di Australia. Salah satunya, ukuran AirTag yang kecil, dikatakan rentan tertelan oleh anak-anak sehingga berpotensi menimbulkan kematian.

Apabila tak sengaja tertelan, kandungan di dalam baterai pun diklaim dapat membahayakan korbannya hanya dalam waktu sekitar dua jam.

Oleh sebab itu, AirTags dituding telah melanggar aturan baru mengenai standar keamanan produk yang ditetapkan oleh pemerintah Australia pada Desember 2020 lalu.

Dalam aturan baru itu, disebutkan bahwa perangkat elektronik harus menempatkan kompartemen baterai secara aman agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

Baterai AirTag sendiri dapat diakses secara mudah dengan cara memutar lapisan berwarna perak di bagian pungggung ke arah yang berlawanan lalu menekannya secara perlahan.

Dalam sebuah pernyataan, Officeworks mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu panduan dari Komisi Perlindungan Konsumen Australia (ACCC) terkait masalah ini.

"Produk Apple AirTag sementara tidak akan tersedia di toko kami (Officeworks). Kami masih menunggu panduan lebih lanjut yang diberikan dari Komisi Perlindungan Konsumen Australia. Kami juga terus bekerja sama dengan Apple untuk mengatasi masalah keamanan ini," kata juru bicara Officeworks.

ACCC sendiri telah menerima laporan terkait kekhawatiran akan produk Apple AirTag ini. Apabila ditemukan adanya masalah keamanan, ACCC menyarankan peritel untuk menarik produk tersebut dari pasaran.

"Jika pemasok menemukan bahwa produk yang mereka jual tidak aman, kami (ACCC) harap mereka harus langsung menarik kembali produk tersebut dan menginformasikan kepada pembeli tentang risiko dan cara mengatasi masalah keamanan yang dimaksud," kata juru bicara ACCC.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Jumat (7/5/2021), menanggapi hal tersebut, Apple mengatakan bahwa AirTag sejatinya telah dirancang sesuai dengan standar keselamatan yang berlaku.

Mekanisme membuka baterai secara mudah itu dikatakan Apple bertujuan agar memudahkan penggunanya.

"AirTag telah dirancang sesuai standar keselamatan anak internasional, termasuk aturan yang berlaku di Australia. Kami juga menaati peraturan dengan cermat dan memastikan bahwa produk kami akan telah memenuhi standar termasuk dalam hal pengemasan," kata juru bicara Apple.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/07/08300037/peritel-australia-tarik-apple-airtag-dari-penjualan-demi-keselamatan-anak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.