Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5G Membuat Perilaku Konsumsi Streaming Video Berubah

Saat ini, trafik streaming video di perangkat mobile tumbuh 45 persen setiap tahunnya, dan layanan jenis ini diprediksi akan menyumbang 73 persen dari total trafik internet mobile pada 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Frank Ye Tao, VP of Product & User Operations iQiyi dalam acara jumpa pers online, Kamis (10/5/2021) pekan lalu.

Menurut Frank, teknologi 4G telah mengubah cara pengguna mengonsumsi konten, dengan koneksi yang lebih kencang dan mobilitas yang tinggi.

Namun, 5G akan mengubah industri video streaming lebih besar lagi, terutama dalam hal cara kreator konten bekerja.

Frank mencontohkan, resolusi 1080p yang kini dianggap sudah mencukupi, akan meningkat empat kali lipat di era 5G, resolusi 8K akan menjadi standar video streaming yang baru dan lumrah. Selain itu, video dengan frame rate 120 fps juga akan semakin populer.

Untuk konten jenis Live Streaming ini, iQiyi sudah menyediakan layanan jenis ini di platform mereka, dengan menyiarkan acara pencarian bakat, Youth With You.

Selain cara konsumsi konten, perubahan lain adalah cara kreator membuat konten. iQiyi misalnya, kini bisa menyediakan layanan subtitle dalam siaran langsung, dibantu dengan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Jika sebelumnya proses editing untuk menambah subtitle dikerjakan pasca-produksi, maka dengan AI dan 5G, subtitle bisa ditampilkan secara langsung. Hal ini disebut iQiyi bisa menghemat waktu 8-9 jam kerja.

"Dengan sitem translasi yang kami kembangkan, itu bisa dilakukan dalam sepuluh menit saja," kata Frank.

iQiyi sendiri merupakan platform video streaming yang menyediakan berbagai konten hiburan Asia, mulai dari drama Korea, China, variety show hingga anime. Layanan ini sudah hadir di Indonesia, pengguna bisa menikmati layanan ini melalui website maupun aplikasi di Android dan iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/10/19070037/5g-membuat-perilaku-konsumsi-streaming-video-berubah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke