Salin Artikel

3 Cara Baru Bagikan Musik dan Podcast Spotify

KOMPAS.com - Spotify menghadirkan tiga fitur baru untuk penggunanya, dalam membagikan musik dan podcast kesukaan mereka.

Ketiga fitur ini tersedia untuk pengguna Spotify Premium maupun gratis, dan dapat diakses melalui aplikasi Spotify di smartphone Android dan iOS.

"Ketiga pembaruan ini memudahkan pengguna untuk membagikan musik dan podcast menjadi lebih mudah dari sebelumnya seperti untuk teman, keluarga, dan pengikut mereka," kata Spotify.

Lalu, apa saja ketiga pembaruan fitur tersebut?

1. Membagikan episode podcast ke pengguna lain

Spotify kini memiliki fitur bernama Podcast Timestamp. Lewat fitur ini, pengguna bisa memperlihatkan bagian menarik dari episode podcast yang sedang mereka dengarkan untuk kemudian dibagikan melalui sebuah link.

Cara membagikannya pun sederhana, Anda cukup meng-klik ikon "Share" di halaman pemutaran podcast, lalu pilih "Switch To Share". Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah memilih bagian mana yang ingin Anda bagikan.

Fitur ini juga memudahkan pengguna apabila mereka ingin menunjukan cuplikan pembicaraan yang sekiranya menarik atau penting untuk di dengarkan oleh teman, sehingga tidak perlu memutarnya dari awal hingga akhir.

2. Membagikan musik favorit dengan Spotify Canvas ke Snapchat

Kini pengguna Spotify dapat membagikan musik kesukaan mereka melalui unggahan di Snapchat.

Sama seperti Instagram Stories, unggahan tersebut juga akan menampilkan Canvas di latar belakang ketika pengguna menampilkan lagu favorit mereka yang dimainkan lewat Spotify secara langsung.

Spotify Canvas merupakan loop-video spesial berdurasi delapan detik yang muncul sebagai konten khusus di setiap lagu.

Fitur ini sejatinya berguna untuk mengubah halaman pemutaran lagu yang sebelumnya statis menjadi seperti potongan video klip dari lagu tersebut.

3. Preview Canvas lagu sebelum dibagikan

Berbicara soal Canvas, selama ini pengguna bisa secara langsung membagikan lagu dari Spotify ke platform lain.

Kini, Spotify menghadirkan fitur di mana penggunanya bisa melihat (preview) tampilan Canvas lagu terlebih dahulu sebelum membagikannya ke Instagram Stories atau Snapchat.

"Kami (Spotify) terus mengembangkan pengalaman Spotify untuk memenuhi kebutuhan pendengar dan berupaya memberikan pengalaman audio terbaik bagi pendengar kami di seluruh dunia," kata Spotify sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (11/5/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/11/16020077/3-cara-baru-bagikan-musik-dan-podcast-spotify

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.