Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Aplikasi Video Call untuk Silaturahmi Virtual Saat Lebaran

Oleh sebab itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak masyarakat untuk melaksanakan silaturahmi secara virtual. Langkah ini diambil guna menekan angka penyebaran virus Covid-19 agar tidak semakin meluas.

"Kita canangkan bersama-sama melakukan Lebaran tahun ini sebagai Lebaran digital. Lebaran digital itu keren," tutur Johnny dalam keterangan tertulis dari Kementerian Kominfo yang diterima KompasTekno.

Menkominfo, Johnny G Plate juga menjanjikan bandwidth yang cukup untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 secara vitual.

Ada banyak aplikasi panggilan video atau telekonferensi yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan sanak dan kerabat yang jauh secara jarak, tanpa harus bertatap muka secara langsung

Nah, berikut ini 7 aplikasi video call  yang telah dihimpun oleh KompasTekno untuk membantu Anda merayakan Lebaran virtual tahun 2021.

1. WhatsApp

Aplikasi pesan instan paling populer di Indonesia ini memang memiliki banyak fitur. Selain chatting melaui pesan teks, pengguna juga bisa melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp.

Bahkan, panggilan telepon memungkinkan hingga delapan orang secara bersamaan. Panggilan telepon juga bisa menampung hingga 50 orang, tetapi melalui Messengers Rooms.

Kini, video call WhatsApp tidak hanya tersedia melalui smartphone, tetapi juga sudah bisa dilakukan melalui WhatsApp versi desktop. Aplikasi WhatsApp Android bisa diunduh di tautan ini dan WhatsApp iOS di tautan.

2. Telegram

Seperti WhatsApp, video call Telegram juga dilindungi enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption). Untuk melakukan panggilan video Telegram, pilih kontak yang dikehendaki.
Kemudian klik menu (tombol titik tiga di pojok kanan atas) > Video call.

Pastikan si penerima panggilan juga telah memperbarui aplikasi Telegram ke versi paling anyar. Untuk memperbarui dan mengunduh aplikasi Telegram bisa melalui tautan ini untuk Android dan tautan berikut untuk paltform iOS.

3. Signal

Signal menjadi salah satu aplikasi yang naik daun di awal tahun 2021, tepatnya setelah kontroversi kebijakan privasi WhatsApp. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur serupa WhatsApp maupun Telegram, termasuk fitur video call.

Signal juga mengedepankan perlindungan privasi, sehingga semua panggilan baik suara maupun video akan dilindungi end-to-end encryption.

Untuk melakukan panggilan video Signal, pilih kontak yang dikehendaki, kemudian klik ikon kamera di sisi atas layar untuk memulai panggilan video.

Jangan lupa memberikan izin akses mikrofon dan kamera. Berikutnya, pilih "start call". Aplikasi Signal bisa diunduh di tautan ini untuk platform Android dan tautan berikut untuk perangkat iOS.

4. Google Meet

Platform video konferensi Google Meet juga bisa menjadi alternatif untuk melakukan silaturahmi beramai-ramai saat Lebaran 2021. Kabar baiknya, Google memperpanjang masa gratis penggunaan Meet hingga 30 Juni 2021.

Semua pengguna pun bisa melakukan video call di Google Meet secara gratis hingga 24 jam sehari. Tatap muka virtual melalui Google Meet bisa menampung hingga 100 orang.

Pengguna juga bisa melakukan panggilan video melalui Komputer. Login ke akun Gmail lewat browser, akan ada tab untuk mengakses Google Meet di sisi kiri.

Google Meet versi Android bisa diunduh di tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa di-download di tautan ini. Pengguna juga bisa langsung menikmati layanan Meet melalui versi web di tautan berikut.

5. Skype

Selain Google Meet, silaturahmi virtual juga bisa dilakukan via Skype yang memang sudah banyak dikenal sebagai platform konferensi video sejak lama. Aplikasi besutan Microsoft ini memungkinkan panggilan video hingga 25 orang sekaligus.

Skype bisa diakses dari beragam perangkat, seperti komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga televisi yang mendukung fitur Skype.

Skype juga bisa digunakan sebagai media percakapan berbasis teks, baik secara individu maupun grup, dan mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel atau telepon rumah.

Jika ingin mencoba Skype, Anda bisa mengunduhnya di tautan berikut untuk memilih perangkat yang ingin dipasangi aplikasi tersebut.

6. FaceTime

Khusus pengguna produk Apple, Lebaran digital bisa dirayakan melalui aplikasi FaceTime.
Pengguna ekosistem Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch bisa melakukan panggilan video via FaceTime.

Aplikasi ini bisa menampung sampai 32 orang sekaligus dalam satu panggilan video. Pengguna iOS bisa mengunduh atau memperbarui aplikasi FaceTime di tautan berikut.

7. Zoom

Terakhir, silaturahmi virtual bisa dilakukan via platform Zoom yang mulai melejit tahun 2020 lalu. Zoom bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan. Bagi pengguna non-premium, panggilan video gratis dibatasi hingga 40 menit saja.

Aplikasi ini juga bisa diakses melalui perangkat PC desktop atau laptop, smartphone, dan tablet.

Zoom dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni untuk kemudahan pertemuan tatap muka secara online, seperti fitur membagi layar pengguna ke para peserta (screen sharing), serta dukungan Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dokumen dan foto.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/11/19020097/7-aplikasi-video-call-untuk-silaturahmi-virtual-saat-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke