Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone "Asli" Ternyata Berbentuk Buah Apel

Termasuk desain orisinil Apple iPhone. Jika dilihat kembali sketsa desain iPhone di masa lampau, ternyata sangat jauh dengan desain iPhone hari ini. Justru, desain Apple iPhone sangat mirip degan buah apel betulan.

Sketsa desain orisinil Apple iPhone dipublikasi pertama kali oleh Kantor Paten Amerika Serikat pada 1985. Dari sketsa tersebut, Apple iPhone mulanya ingin dibuat sebagai flip phone atau ponsel lipat seperti handphone jadul Motorola.

Hanya saja, cangkangnya dibentuk serupa buah apel dengan gigitan di sisi kanan -persis seperti logo Apple- ketika ponsel dikatupkan.

Apabila dibuka, tampak tombol berformat T9 dan lubang mikrofon di bodi bagian bawah.

Sementara bodi bagian atas atau bagian tutup, terdapat lubang speaker dan kemungkinan lubang mikrofon yang sama dengan bagian bawah. Paten yang dipublikasikan pada Desember 1985 itu didaftarkan oleh Apple sejak November 1982.

Dalam dokumennya, disebutkan bahwa desain ini dibuat oleh Denny F Rivette dan Harry Disko dan diwakilkan oleh Marvin Glass & Associates. Tidak dijelaskan lebih detail apa bahan yang digunakan untuk cangkang "buah apel" itu.

Saat itu, Steve hengkang karena kegagalan Macintosh. Apple pun masih berusaha bersaing dengan komputer pribadi yang main banyak pesaingnya. Posisi Steve saat itu digantikan oleh John Sculley.

Steve lalu membuat peusahaan komputer baru yang fokus pada segmen pendidikan dan bisnis bernaa NeXT.

Perusahaan itu lalu dibeli Apple pada tahun 1996, yang artinya Steve ikut kembali bergabung dengan Apple, sebagaimanana KompasTekno himpun dari Complex, Jumat (14/5/2021).

Mulanya, Steve mengisi posisi sebagai konsultan paruh waktu hingga akhirnya diangkat sebagai CEO.

Beberapa tahun kemudian, Apple resmi memperkenalkan iPhone pertama pada tahun 2007 yang memiliki kemampuan memutar MP3, video, dan mengakses internet.

Di tahun yang sama, Steve juga mengubah nama perusahaan dari Apple Computer Company menjadi Apple Inc.

Dari tahun ke tahun, Apple selalu memperkenalkan produk iPhone terbarunya dengan desain utama yang tetap sama yakni persegi panjang, bukan berbentuk buah apel seperti desain orisinilnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/14/07570097/iphone-asli-ternyata-berbentuk-buah-apel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke