Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy A52 dan A72 Dikabarkan Terimbas Kelangkaan Chip Global

Menurut situs berita The Elec dari Korea Selatan, rilis kedua ponsel menengah terbaru dari Samsung itu di beberapa negara terpaksa ditunda gara-gara masalah pasokan chip yang seret.

Lebih spesifiknya, jenis chip yang disinyalir mengalami kelangkaan adalah Snapdragon 720G dan 750G yang digunakan di model-model lini Galaxy A terbaru.

Manufaktur chip rancangan Qualcomm ini ditangani oleh Samsung Electronics dengan proses fabrikasi 8-nano Low Power Plus (LPP). Selain di ponsel-ponsel Samsung sendiri, Snapdragon 720G dan 750G juga digunakan di aneka smartphone dari brand lain.

Sumber industri mengatakan bahwa Galaxy A72 dan Galaxy A52 awalnya direncanakan sudah tersedia secara global pada akhir April. Namun, hingga kedua bulan Mei, baru wilayah Eropa dan beberapa negara lain saja yang sudah kebagian.

Amerika Serikat yang merupakan salah satu pasar terpenting untuk Samsung pun baru mendapat Galaxy A52 versi 5G saja. Padahal, Galaxy A72 diluncurkan dalam waktu yang sama di sana.

Kelangkaan chip antara lain diakibatkan oleh sejumlah masalah yang menimpa fasilitas produksinya. Pabrik Samsung Electronics di Austin, Texas, AS, misalnya, sempat ditutup karena gelombang cuaca dingin dan baru dibuka kembali pada akhir Maret lalu.

Kemudian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Elec, Senin (17/5/2021), pabrik chip milik TSMC di Taiwan juga sempat dilanda masalah kekeringan dan terputusnya aliran listrik pada April lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/17/10210037/samsung-galaxy-a52-dan-a72-dikabarkan-terimbas-kelangkaan-chip-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke