Salin Artikel

Gojek-Tokopedia Merger Jadi GoTo, Penjual dan Mitra Dapat Apa?

KOMPAS.com - Dua perusahaan teknologi raksasa di Indonesia, Gojek dan Tokopedia resmi merger dan kini berada di bawah payung grup perusahaan baru bernama GoTo.

CEO GoTo, Andre Soelistyo, mengatakan bahwa GoTo memiliki tujuan untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan meningkatkan peluang pendapatan bagi para mitra driver Gojek dan pelaku bisnis di Tokopedia.

"Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar, antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia," ujar Andre dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (18/5/2021). 

"Sementara penjual dan mitra pedagang dari berbagai skala bisnis (di Tokopedia) akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya," imbuh Andre.

GoTo, lanjut Andre, juga bakal turut memberikan keuntungan bagi konsumen, di mana grup perusahaan tersebut diklaim akan semakin mempermudah pengguna dalam kehidupannya sehari-hari.

Hal yang sama turut disampaikan oleh Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. Menurut dia, GoTo akan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat di manapun mereka berada.

"Grup GoTo akan memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh akses terhadap produk dan layanan berkualitas, kapan pun dan di mana pun," jelas William dalam kesempatan yang sama.

Selain melalui keterangan resmi, keuntungan yang bakal didapatkan konsumen juga diumbar melalui sebuah e-mail blast yang dikirimkan Gojek dan Tokopedia kepada para penggunanya, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Dalam e-mail itu disebutkan bahwa pengguna kedua aplikasi tersebut nantinya bakal bisa menikmati tiga benefit berikut:

- Layanan pengiriman belanja yang lebih cepat dan murah
- Layanan terintegrasi dan akses mudah untuk pembayaran instan, akhir bulan dan cicilan
- Akses ke promo terbaik dan berbagai keuntungan program loyalitas di ekosistem GoTo

Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana dan kapan pengguna akan bisa menikmati berbagai benefit ini.

Yang jelas, Gojek dan Tokopedia kompak berjanji bahwa mereka bakal mengumumkan "kejutan" lainnya kepada konsumen pada 25 Mei mendatang.

Tetap jadi entitas berbeda

Sebagai informasi, meski berada di bawah satu payung grup perusahaan, Gojek dan Tokopedia sejatinya akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri (berbeda aplikasi), namun berjalan di dalam satu ekosistem grup GoTo.

Hal ini serupa dengan grup perusahaan Alphabet Inc. yang menaungi Google, Fitbit, Verily, dan sejumlah perusahaan lainnya.

Artinya, Gojek dan Tokopedia bisa saja mengintegrasikan antar-layanannya masing-masing untuk meningkatkan efisiensi dalam satu ekosistem yang saling melengkapi, sekaligus mempermudah konsumen dalam bertransaksi.

Salah satunya seperti apa yang dikatakan Andre tadi, yaitu mengirimkan barang yang dipesan melalui Tokopedia dengan layanan kurir dari mitra driver Gojek.

Karena masih menjadi entitas yang berdiri sendiri, Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek, demikian juga dengan William yang tetap menjadi CEO Tokopedia.

Andre sendiri akan memimpin grup perusahaan tersebut sebagai CEO Group GoTo. Lalu, Presiden Tokopedia Patrick Cao akan menjabat sebagai Presiden GoTo.

Andre juga akan terus memimpin bisnis pembayaran dan layanan keuangan yang dinamakan GoTo Financial. GoTo Financial mencakup layanan GoPay serta layanan keuangan dan solusi bisnis mitra usaha.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/18/17340027/gojek-tokopedia-merger-jadi-goto-penjual-dan-mitra-dapat-apa-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.