Salin Artikel

Disebut Berstatus Unicorn, Tiket.com Ungkap Sedang Jajaki IPO

Jika kabar ini benar, Tiket.com menambah daftar startup unicorn di Indonesia, setelah Bukalapak, Ovo, Traveloka, Tokopedia, dan J&T Express.

Ketika dimintai konfirmasi, pihak Tiket.com enggan mengomentari kabar tersebut, alih-alih mengungkap bahwa perusahaannya kini sedang mengeksplorasi sejumlah rencana bisnis, termasuk IPO (penawaran saham perdana).

"Kami sedang menjajaki sejumlah opsi strategis ke depannya, termasuk IPO," kata Sandra Darmosumarto, Public Relations Tiket.com melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Kamis (20/5/2021).

Bloomberg melaporkan bahwa Tiket.com akan melakukan merger dan melantai di bursa saham Amerika Serikat, melalui perusahaan akuisisi bertujuan khusus, atau SPACs.

Menurut sumber yang dekat dengan isu ini, Tiket.com tengah berdiskusi dengan COVA Acquisition Corp untuk mencari peluang kesepakatan, dan menargetkan angka valuasi sebesar 2 miliar dollar AS (sekitar Rp 28 triliun).

Kabarnya, Goldman Sach ditunjuk sebagai konsultan untuk melakukan IPO. Sebagai bagian dari kesepakatan, Tiket.com disebut bisa memperoleh 200 juta dollar AS (sekitar Rp 2 triliun) melalui investasi swasta dalam ekuitas publik (PIPE), yang biasanya masuk dalam skema SPACs.

Namun menurut salah seorang sumber, pembicaraan itu belum final dan ada peluang tidak menghasilkan kesepakatan. Perwakilan Tiket.com, Goldman, dan COVA Acquisition enggan mengomentari kabar ini.

Tiket.com didirikan pada 2021 oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, dan Mikhael Gaery Undarsa.

Djarum Group kemudian mengakuisisi startup tersebut pada tahun 2017. Setelah diakuisisi, Tiket.com dipimpin oleh George Hendrata, yang sebelumnya menjabat direktur pengembangan bisnis dan diversifikasi.

Tiket.com disebut memiliki lebih dari 90 rekanan maskapai, serta 2,8 juta mitra hotel dan penginapan. Perusahaan dengan logo warna biru-kuning ini juga memiliki lebih dari 400 mitra perusahaan.

Pada April lalu, Tiket.com melaporkan bahwa penjualan tiket pesawat dan pemesanan hotel tumbuh 300 persen dalam tiga bulan pertama tahun 2021, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Sebagaimana perusahaan lain yang bergerak di bidang pariwisata, Tiket.com juga terpuruk di awal pandemi Covid-19.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/21/07060077/disebut-berstatus-unicorn-tiket.com-ungkap-sedang-jajaki-ipo

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.