Salin Artikel

Twitter Ungkap Cara Pengguna Dapat Uang dari Fitur Spaces

Sebagai bentuk dukungan kepada para penggunanya, Twitter tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memperoleh pendapatan lewat Spaces.

Fitur baru itu bernama Ticketed Spaces. Lewat fitur ini, pengguna yang mengadakan perbincangan di Spaces dengan topik tertentu, nantinya dapat memasang tarif bagi partisipan yang ingin bergabung dan mendengarkan sesi obrolan tersebut.

Artinya, partisipan harus membeli tiket terlebih dahulu untuk bisa bergabung ke acara tersebut serta mengikuti sesi tanya jawab di dalamnya (Q&A).

Pengguna yang ingin menjadi host Ticketed Spaces harus memiliki setidaknya 1000 followers. Selain itu, host Ticketed Spaces juga harus berusia di atas 18 tahun dan sudah pernah menjadi host di Spaces setidaknya tiga kali dalam 30 hari terakhir.

Pengguna yang berperan sebagai host dapat menetapkan tarif berapa pun yang mereka inginkan.

Twitter nantinya akan mengambil keuntungan sebanyak 20 persen dari harga tiket untuk setiap tiket yang terjual, sementara sisanya akan mengalir ke penyelenggara acara (host).

Belum diketahui kapan fitur Ticketed Spaces ini mulai tersedia. Yang jelas, fitur ini dibuat untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada pengguna untuk menghasilkan uang dan menjangkau partisipan lebih banyak.

Spaces sendiri merupakan fitur berupa ruang obrolan berbasis audio yang memungkinkan pengguna mengajak follower atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi di dalam sebuah forum khusus.

Lantaran fungsi dan sifatnya yang sama-sama berbasis audio, Twitter Spaces banyak disebut sebagai pesaing media sosial Clubhouse yang belakangan tengah naik daun.

Bedanya dengan Clubhouse, daftar pendengar atau pembicara yang hadir di Spaces akan disusun dalam empat kolom. Pendengar bisa membagikan reaksi berupa emoji ketika diskusi sedang berlangsung.

Pengguna yang berperan sebagai host atau moderator juga bisa memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung ke dalam ruang obrolan tersebut, sbagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (25/5/2021).

Ada tiga opsi yang bisa dipilih yaitu publik secara umum, orang yang Anda ikuti (Following), atau orang tertentu yang Anda undang melalui fitur Direct Message (DM).

Undangan diksusi virtual di Spaces dapat dibagikan lewat twit, Direct Message (DM), atau dimunculkan lewat fitur Fleets di bagian atas Timeline.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/25/13270097/twitter-ungkap-cara-pengguna-dapat-uang-dari-fitur-spaces

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.