Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Datangi Kantor Twitter India gara-gara Kicauan yang Diberi Label

Dalam laporan beberapa media lokal, disebutkan bahwa kepolisian datang ke kantor Twitter untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai alasan Twitter melabeli salah satu kicauan dari juru bicara partai penguasa di sana sebagai "manipulated media".

Setelah satu jam melakukan pencarian, tim yang tergabung dalam Delhi Police Special Team tersebut mengosongkan kantor Twitter karena tidak menemukan karyawan yang terlibat dengan kasus tersebut dan banyak karyawan yang bekerja dari rumah.

Pekan lalu, Pemerintah New Delhi telah mengirimkan surat kepada Twitter terkait label yang disematkan kepada juru bicara partai BJP, Sambit Patra. BJP adalah partai yang saat ini menjadi partai penguasa di India.

Dalam kicauannya, Petra menuding kongres yang dipimpin partai oposisi menggunakan sesuatu yang dinamakan "toolkit" untuk menjegal upaya pemerintah membendung pandemi Covid-19 di negaranya.

Saat ini, India sedang diterpa "tsunami" Covid-19 gelombang kedua. Bahkan, pada pekan pertama bulan Mei lalu, kasus Covid-19 di India bertambah 1,57 juta kasus dalam tujuh hari.

Selain pelonggaran, mutasi varian baru B.1617.2 yang disebut lebih cepat penularannya dibanding varian lain, menjadi pemicu meningkatnya kasus Covid-19 yang sempat mereda. Kini, India memiliki total 26,9 juta kasus Covid-19 per 25 Mei 2021.

Setelah twit itu diunggah melalui akun dengan handle @sambitswaraj pada 18 Mei 2021, organisasi pemeriksa fakta, Alt News, lantas membantah tudingan tersebut.

Kepolisian Delhi mengatakan menerima laporan atas label "manipulated media" yang disematkan Twitter pada kicauan Petra dan sedang menyelidiki laporan tersebut.

Polisi beralasan datang ke kantor Twitter India untuk menyampaikan pemberitahuan penyelidikan kepada kepala Twitter India.

Dalam sebuah pernyataan, kepolisian Delhi menyebut bahwa respons Managing Director Twitter India tentang kasus tersebut "sangat ambigu".

"Kepolisian Delhi sedang menyelidiki keluhan dan meminta klarifikasi dari Twitter terkait klasifikasi twit dari Shri Sambit Patra (juru bicara Partai BJP) sebagai 'manipulasi'," kata perwakilan kepolisian Delhi, dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (27/5/2021).

"Tampaknya Twitter memiliki beberapa informasi yang tidak kami ketahui dan menjadi dasar mereka mengklasifikasikannya seperti itu," lanjut Polisi Delhi.

Kepolisian Delhi mengatakan, laporan tersebut relevan dengan penyelidikan. Tim Special Cell, yang biasanya melakukan investigasi tindakan terorisme dan kriminal, disebut sedang melakukan penyelidikan untuk menemukan "kebenaran".

"Twitter yang mengeklaim mengetahui kebenaran utama harus mengklarifikasinya," imbuh kepolisian Delhi.

Kepolisian Delhi membantah bahwa kedatangan mereka ke kantor Twitter dikategorikan sebagai "penggerebekan". Di sisi lain, langkah kepolisian Delhi ini dipertanyakan oleh beberapa pejabat eksekutif.

Aksi ini juga dilakukan berdekatan dengan tenggat waktu pemberlakuan kebijakan baru Pemerintah India yang ditujukan bagi perusahaan media sosial, seperti Twitter dan Facebook.

Ravi Shankar Prasad, Menteri IT, Hukum, dan Kehakiman India mengatakan bahwa perusahaan media sosial akan diminta untuk mematuhi permintaan penghapusan konten yang dinilai melanggar hukum, informasi keliru, dan kekerasan dalam waktu 1x24 jam.

Mereka juga harus memberikan kompensasi dalam kurun waktu 15 hari. Selain itu, perusahaan juga diminta untuk mendirikan kantor lokal di India.

Ini bukan pertama kali Twitter bermasalah di India. Awal tahun lalu, Twitter mendapat protes karena memblokir 250 akun yang menggunakan tagar yang berkaitan dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Menurut laporan Hindus Times, pemblokiran dilakukan untuk mencegah peningkatan kekerasan.

Setelah melakukan pertemuan dengan Menteri IT, Twitter kembali membuka blokir akun-akun tersebut.

Baru-baru ini, Twitter bersama Facebook juga diminta untuk menghapus unggahan yang berisi kritikan bagi pemerintah terkait penanganan Covid-19.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/27/06390097/polisi-datangi-kantor-twitter-india-gara-gara-kicauan-yang-diberi-label

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke