Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel Realme Belum Ada yang Mendukung 5G di Indonesia

Realme, misalnya, datang dengan Realme X50 Pro pada pertengahan 2020. Ponsel ini adalah satu-satunya smartphone 5G Realme yang dipasarkan di Tanah Air. Lalu, apakah kemampuan 5G dari Realme X50 Pro bisa digunakan di Indonesia?

KompasTekno meminta keterangan dari Realme Indonesia soal dukungan jaringan 5G di Indonesia oleh Realme X50 Pro. Namun, pihak Realme mengaku masih belum bisa memberikan kepastian.

"Untuk perihal device realme X50 Pro, sedang kami cek. Jadi saat ini belum bisa mengkonfirmasi terlebih dahulu," ujar Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, melalui pesan singkat, Kamis (27/5/2021).

Dengan kata lain, belum ada ponsel Realme di Indonesia yang dipastikan mendukung jaringan 5G karena model-model lain di luar X50 Pro tidak menyematkan dukungan teknologi seluler generasi ke-5 itu.

Telkomsel selaku operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G diketahui menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz dan 1.800 MHz untuk jaringan tersebut.

Setelah resmi digulirkan, pihak Telkomsel menjelaskan bahwa pengguna tidak perlu melakukan pendaftaran ulang atau mengganti kartu SIM Telkomsel apabila ingin menikmati layanan internet baru tersebut.

"Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ujar Setyanto dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (24/5/2021).

Saat ini, Telkomsel telah menggelar jaringan 5G di enam titik yang tersebar di Jabodetabek. Keenam titik tersebut mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain di Jabodetabek, Telkomsel berjanji akan turut membawa jaringan 5G miliknya ke kota-kota besar lainnya seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/27/15020017/ponsel-realme-belum-ada-yang-mendukung-5g-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke