Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diperbarui, Proses "Onboard" WhatsApp Business API Kini Hanya Butuh 5 Menit

Pembaruan kali ini disebut mempermudah pelaku bisnis untuk bergabung ke WhatsApp Business API serta memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis.

Sebelumnya, proses bergabung (onboard) bisnis ke WhatsApp Business API ini memakan waktu yang cukup lama, hingga berminggu-minggu.

Nah, dengan adanya pembaruan kali ini, WhatsApp mengungkapkan bahwa waktu proses onboard tersebut telah dipersingkat. Sekarang bisnis dapat memulai penggunaan WhatsApp Business API hanya dalam lima menit saja.

"Peningkatan ini akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp," kata WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (2/6/2021).

Untuk diketahui, WhatsApp memang memiliki dua macam layanan bisnis. Layanan pertama ialah WhatsApp Business untuk pengguna kebanyakan, serta WhatsApp Business API untuk perusahaan-perusahaan skala menengah dan besar.

Perusahaan menengah atau besar yang ingin berinteraksi dengan konsumennya melalui WhatsApp, bisa menggunakan Business API ini. Misalkan perusahaan seperti operator seluler, maskapai penerbangan, atau perusahaan e-commerce.

Selain mempersingkat waktu onboard, kini WhatsApp juga menyediakan lebih banyak jenis pesan berkala yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis. Misalnya seperti pesan yang memberi tahu kepada pelanggan kapan suatu produk kembali tersedia.

Di sisi pelanggan, pembaruan WhatsApp Business API memungkinkan pengguna untuk merespons pesan bisnis menggunakan opsi fitur balas cepat.

Nantinya, bisnis bisa mengatur maksimal 10 opsi balas cepat untuk pelanggan, sehingga pelanggan bisa merespons pesan bisnis dengan cepat, hanya dengan satu ketuk saja.

"Kami juga meluncurkan fitur perpesanan baru yang dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi bisnis. Daftar pesan yang baru menyajikan hingga 10 opsi agar pelanggan tidak perlu lagi mengetik respons secara manual," kata WhatsApp.

WhatsApp turut menghadirkan cara baru bagi pelanggan untuk memberikan tanggapan atas pengalaman yang dialami, jika pelanggan ingin memblokir suatu bisnis. "Pelanggan selalu memiliki kendali atas chat mereka," tegas WhatsApp.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/03/12320067/diperbarui-proses-onboard-whatsapp-business-api-kini-hanya-butuh-5-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke