Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jaringan 5G Telkomsel Resmi Hadir di Medan dan Balikpapan

Ada tiga kota yang kini terjangkau jaringan 5G Telkomsel yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta.

Telkomsel meluncurkan layanan 5G tersebut secara serentak pada Kamis (3/6/2021) lalu di sejumlah titik yang berlokasi di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, berharap kehadiran layanan 5G di tiga kota tersebut mampu memajukan ekosistem digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan.

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat, serta digitalisasi aktivitas yang dilakukan mulai dari pemerintah daerah, pelaku UMKM, hingga lintas sektor industri," ujar Hendri.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa Kementerian Kominfo akan mendorong operator telekomunikasi untuk melaksanakan coexist antara 4G dan 5G.

"Ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya," tutur Johnny dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/6/2021).

Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di kota Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sementara di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Masyarakat setempat juga dapat mengunjungi gerai GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta, dan GraPARI Balikpapan untuk mencoba dan menikmati berbagai demo layanan 5G.

Adapun berbagai demo yang tersedia pada gerai GraPARI di atas mencakup demo Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Layanan 5G yang disediakan oleh Telkomsel dapat digunakan pada perangkat yang telah mendukung kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz.

Beberapa ponsel yang sudah dapat menggunakan layanan 5G Telkomsel antara lain Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel berjanji untuk terus memperluas kerjasama dengan berbagai mitra device lain untuk dapat memperluas pemanfaatan layanan 5G, termasuk perangkat Apple dan Samsung.

https://tekno.kompas.com/read/2021/06/04/17550057/jaringan-5g-telkomsel-resmi-hadir-di-medan-dan-balikpapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke